5 Jembatan Paling Keren di Indonesia

Dalam perkembangannya konstruksi dan desain jembatan sering diandalkan sebagai simbol atau landmark bagi suatu daerah.

946 views
0

WartaWisata.ID – Ada 10 jembatan terindah di Indonesia yang menjadi simbol kebanggaan di daerahnya. Kini, jembatan tak hanya berfungsi sebagai penghubung jalan yang terputus oleh rintangan, seperti: sungai atau lembah. Dalam perkembangannya konstruksi dan desain jembatan sering diandalkan sebagai simbol atau landmark bagi suatu daerah.

Tak heran jika kemudian banyak negara-negara di dunia juga sejumlah kota di Indonesia membuat jembatan yang tak hanya berfungsi sebagai penghubung, tapi juga simbol keindahan. Dihimpun dari sejumlah sumber, jembatan-jembatan itu didesain menawan, indah, menakjubkan, dan megah.

Jembatan Suramadu

Jembatan yang menjadi Landmark kota Surabaya ini menghubungkan dua pulau yakni Jawa dan Madura. Panjangan jembatan 5.438 meter dengan lebar 30 meter. Ada 2 jalur untuk motor dan 2 jalur untuk mobil. Di malam hari jembatan kian terlihat mempesona oleh warna warni lampu yang menyala sepanjang jalur.

Jembatan Ampera

Jembatan ini terletak di Palembang, Sumatera Selatan dan sekaligus menjadi ikon kota empek-empek. Jembatan Ampera difungsikan agar akses dari Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir menjadi mudah.

Dulunya bagian tengah jembatan ini bisa diangkat agar akses kapal yang melintas di sungai Musi menjadi mudah. Namun sejak 1970, hal tersebut tidak dilakukan lagi karena menganggu lalu lintas kendaraan di atas jembatan.

Jembatan Kelok 9

Jembatan Kelok 9 berada di Payakumbuh, Sumatera Barat. Memiliki ruas berkelok sepanjang 300 meter, ada dua cagar alam terdekat dari jembatan ini yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Jembatan ini juga dikenal dengan tikungannya yang tajam karena hanya memiliki lebar 5 meter dan berbatasan dengan jurang. Setiap tahun Jembatan Kelok 9 menjadi lokasi balap sepeda Tour De Singkarak.

Jembatan Martadipura

Jembatan Martadipura terletak di Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jembatan ini menggunakan konstruksi pipe slabe (jalan layang), dibangun di atas lahan rawa.

Jembatan Pasupati

Difungsikan sebagai penghubung utara dan timur kota Bandung, dibuat melewati lembah Cikapundung. Pada malam hari, bagian tengah jembatan ini akan diterangi lampu sorot warna-warni yang indah.

Komentar kamu?