Destinasi Wisata Ikonik di Ngawi

Topografi Ngawi adalah dataran tinggi dan datar. Tercatat 4 kecamatan berada di kaki Gunung Lawu yaitu Kendal, Sine, Ngrambe, Jogorogo berikut destinasi di Ngawi yang membuat mata menjadi segar.

115 views
0

WartaWisata.ID – Ngawi adalah salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya ngawi terletak di ujung perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketika ingin pergi Jawa Tengah dari Jawa Timur pastinya semua orang akan melewati kota satu ini.

Topografi Ngawi adalah dataran tinggi dan datar. Tercatat 4 kecamatan berada di kaki Gunung Lawu yaitu Kendal, Sine, Ngrambe, Jogorogo berikut destinasi di Ngawi yang membuat mata menjadi segar.

Tugu Gading Kartonyono simbol “Ambyar” karena menjadi ikon lagu “Kartonyono Medot Janji” ciptaan Deny Caknan

Belakangan ini tugu gading yang terletak di jalan Yos Sudarso No. 150-184, Winong, Margomulyo, Ngawi menjadi buah bibir di masyarakat Indonesia karena menjadi tempat syuting video clip lagu kartonyono medot janji yang dibawakan oleh Denny Caknan.

Tugu gading kartonyono sering disebut tempat ambyar oleh para pendengar lagu kartonyono medot janji milik denny caknan dan menjadi ikon baru di Ngawi. Tugu tersebut sudah ada sejak tahun 1983.

Benteng Pendem Van Bosch atau lebih dikenal benteng pendem

Benteng Pendem Van Bosch lebih dikenal masyarakat dengan nama benteng pendem. tempat bersejarah ini terletak di kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. tempat peninggalan Belanda ini masih berdiri kokoh. Namun, cata pada tembok benteng sudah mulai kusam.

Benteng ini menjadi tempat wisata di kala musim liburan tiba. Di saat liburan banyak sekali wisatawan dari domestik maupun mancanegara yang berkunjung di benteng pendem. Wisata sangat cocok sebagai sarana edukasi untuk memperkenalkan sejarah bangsa.

Museum Trinil Ngawi

Tak hanya pemandangan alam, di Ngawi kita juga bisa belajar dari Museum Trinil ini. Museum ini terletak di Dusun Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Di desa inilah ditemukannya fosil manusia purba sehingga berdirilah Museum Trinil.

Saat mengunjungi museum ini kita bisa melihat temuan fosil manusia purba di Ngawi. Kemudian kita juga bisa melihat temuan fosil-fosil hewan dan tumbuhan di zaman dulu. Museum ini sering dijadikan lokasi study tour atau penelitian oleh kalangan siswa atau peneliti.

Kebun teh jamus

Kebun teh Jamus ini adalah peninggalan kolonial Belanda. Selain kebun Belanda juga meninggalkan berupa pabriknya juga. Hamparan teh ini terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Ngawi.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah. Di kebun teh ini kita juga bisa melihat orang memetik hingga melihat langsung cara pengolahan teh. Selain itu, kita juga bisa membawa pulang teh rasa kopi khas Jamus.

Air terjun Srambang

Air terjun ini terletak di Desa Girimuloyo, Ngawi. Pada awalnya tempat ini hanya menyajikan air terjun saja. Namun, pada tahun 2017 direnovasi dan dibuat taman sepanjang jalan menuju air terjun.

Untuk menempuh air terjun ini, pengunjung harus menempuh waktu kurang lebih 20-30 menit. Di sepanjang perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan huta pinus yang lebat nan hijau. Cocok untuk spot foto alam yang indah.

 

Komentar kamu?