Kabupaten Lahat Menyimpan Banyak Destinasi Wisata Air Terjun

Selain karena dikenal dengan peninggalan megalitikumnya, daerah yang berjarak sekitar 222,3 kilometer dari Kota Palembang ini juga memiliki sejumlah wisata air terjun yang dapat menjadi pilihan untuk menikmati akhir pekan.

95 views
0

WartaWisata.ID – Berada di dataran tinggi wilayah Sumatera Selatan, Kabupaten Lahat menyimpan banyak objek wisata alam yang memesona. Selain karena dikenal dengan peninggalan megalitikumnya, daerah yang berjarak sekitar 222,3 kilometer dari Kota Palembang ini juga memiliki sejumlah wisata air terjun yang dapat menjadi pilihan untuk menikmati akhir pekan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 wisata air tejun di Kabupaten Lahat yang dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Air Tejun Gunung Nyawe

Terletak di Desa Talang Sejemput, Kecamatan Pulau Pinang, air tejun ini memiliki dinding napal dengan warna coklat kekuningan sehingga menambah keindahan alamnya. Masyarakat sekitar memiliki makna sendiri dalam memberikan penamaan Gunung Nyawe. Sebab, air terjun ini berperan penting dalam kehidupan masyarakat desa setempat, sehingga nama air terjun ini dapat diartikan sebagai penyambung nyawa.

Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, lokasi air tejun ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Lahat menuju Desa Talang Sejemput. Di tempat ini, pengunjung akan langsung menikmati suasana sejuk yang alami dari pancuran air terjun tersebut.

Air Terjun Dayang Rindu

Air Terjun Dayang Rindu berada di gugusan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.000 Mdpl, tepatnya di Desa Penindayan, Kecamatan Mulak Ulu. Area di sekitar air terjun ini masih sangat alami, apalagi di dinding air terjun ini banyak ditumbuhi tanaman cacar air sehingga membuat air terjun ini kian menarik.

Penamaan Dayang Rindu sendiri dipilih masyarakat sekitar berkaitan dengan lengenda di masyarakat mengenai sosok Dayang Rindu. Ketinggian air terjun ini sekitar 75 meter, dan memiliki air yang jenih.

Namun, karena lokasinya masih sangat alami, maka wisatawan harus lebih berhati-hati ketika menyusuri trek yang licin dan semak untuk menuju lokasi air terjun ini.

Air Terjun Maung

Memiliki ukuran lebar dan tinggi sekitar 80 meter, bisa dibayangkan indahnya Air Terjun Maung ini. Kondisi itu ditambah dengan susana yang masih alami. Lokasi air terjun ini berada di Desa Rindu Hari, Kecamatan Gumay Ulu.

Aliran air terjun terbagi-bagi oleh dinding jurang dan rerumputan hijau, pengunjung pun harus menuruni lembah untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini. Kemudian, air terjun iini semakin indah dengan adanya tanaman rambat yang berpadu asri dengan aliran air yang jernih dan dingin. Jika dari Kota Palembang, maka dibutuhkan waktu sekitar tujuh jam untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Maung.

Air Terjun Bidadari

Air terjun ini juga memiliki nama lain yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar sebagai air terjun Ayek Asam. Lokasinya berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Air yang mengalir di air terjun ini bermuara ke Sungai Lematang, ketinggiannya sekitar 30 meter dan lebar atasnya sekitar 10 meter serta lebar bawahnya sekitar 15 meter.

Berdasarkan legenda di masyarakat sekitar lokasi ini merupakan tempat pemandian para bidadari. Namun, terlepas dari itu, air terjun ini indah dan menarik, apalagi di lokasi yang tidak terlalu berjauhan terdapat sejumlah air terjun kecil lainnya.

Air tejun ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain dapat menikmati keindahannya, pengunjung juga dapat berenang di danau yang beralaskan koral yang berjejer alamidi bawah air terjun.

Air Terjun Panjang

Air terjun ini terhimpit di antara dua tebing tinggi, terletak di Desa Tinggi Hari, Kecamatan Gumay Ulu. Lokasi air terjun ini juga msuk ke dalam kawasan komplek megalit di Lahat.

Akses menuju sebagian objek wisata ini dibilang memacu adrenalin karena belum bisa dijangkau dengan kendaraan sehingga harus berjalan kaki dari desa terdekat.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dan memiliki kolam di bawahnya. Sehingga wisatwan disarankan agar dapat sekligus menikmati segarnya air dengan berenang di kolam tersebut.

Komentar kamu?