Ragam Destinasi Wisata di Tawangmangu

Mulai dari wisata alam hingga buatan, semua bisa kamu temukan di sana. Berada di lereng Gunung Lawu, Tawangmangu juga memiliki udara yang sejuk.

91 views
0

WartaWisata.ID – Siapa yang tidak kenal dengan Tawangmangu? Ya, salah satu kacamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini terkenal dengan beragam destinasi wisatanya.

Mulai dari wisata alam hingga buatan, semua bisa kamu temukan di sana. Berada di lereng Gunung Lawu, Tawangmangu juga memiliki udara yang sejuk. Selain alamnya yang indah, sejuknya udara khas pegunungan membuat Tawangmangu selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Taman Ria Balekambang

Taman Ria Balekambang memiliki miniatur landmark-landmark dunia yang Instagramable. Saat berada di sini, kamu bisa berswafoto sepuasnya seolah sedang berkeliling dunia. Tak hanya beragam spot fot0, kamu juga menemukan berbagai wahana menarik lainnya seperti 3D art studio, waterboom, flying fox, ATV dan juga paint ball.

Patung dinosaurus dan sandal raksasa menjadi ikon tempat wisata ini, lho. Buatmu yang penasaran dengan tempat ini, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 20-50 ribu saja.
Taman Riabalekambang yang terletak di Jalan Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani termasuk salah satu tempat wisata hits di Tawangmangu. Salah satu keistimewaan air terjun ini adalah air terjunnya yang memiliki 2 tingkatan dengan ketinggian mencapai lebih dari 100 meter.

Pemandangan air terjun yang indah dan pepohonan hijau khas lereng gunung juga akan memanjakan mata kamu, lho. Air terjun ini terletak di area Hutan Lindung, Blumbang, Tawangmangu.

Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah merupakan wisata keluarga yang sejuk dan menyenangkan. Sesuai dengan konsepnya yang ramah untuk keluarga, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai atraksi wisata mulai dari flying fox, ATV, wall climbing dan lainnya.

Tak hanya itu, Agrowisata Amanah juga menawarkan suasana yang asri karena di sini kamu bisa menemukan areal persawahan hingga perkebunan yang menghampar luas.

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan bisa menjadi pilihan buatmu yang ingin mencari udara segar dan ingin berada lebih dekat dengan alam. Telaga seluas lebih dari 30 hektare ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Sudah bisa dibayangkan betapa indah pemandangan alam yang ditawarkan dari tempat ini bukan? Di sekitar Telaga Sarangan, kamu bisa menemukan sebuah danau yang memiliki kedalaman sekitar 28 meter. Di danau ini kamu bisa mengelilingi telaga dengan menyewa perahu sekitar Rp 50 ribu saja.

Selain itu kamu juga bisa berkeliling sekitar telaga dengan menunggang kuda. Apalagi, tempat wisata yang satu ini juga ramah dikantong. Karena kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 7 ribu saja untuk menikmati keindahan di tempat ini.

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan sangat cocok buat kamu yang ingin berburu spot foto Instagramable. Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai miniatur landmark di berbagai belahan dunia serta alat-alat transportasi di zaman dahulu.

Tak hanya itu saja, tempat wisata yang satu ini juga menawarkan berbagai atraksi wisata menarik lainnya seperti outbond, mini waterboom dan play ground. Pas buat kamu yang suka kegiatan outdoor dan meantang.

Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke tempat wisata yang terletak di Jalan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu. Untuk berkunjung ke sini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 60 ribu saja.

Candi Cetho

Candi Cetho yang merupakan salah tempat ibadah umat Hindu ini juga dibuka sebagai tempat wisata. Daya tarik dari candi ini adalah suasana tak biasa yang dihadirkan oleh pancaran aura dari bangunan ini.

Lantaran menurut legendanya, candi ini dibangun untuk dijadikan tempat upacara Ruwatan atau penyucian diri. Tak hanya itu saja, salah satu candi tertinggi di Indonesia ini juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Sebab, candi ini berada di ketinggian lebih dari 1.496 meter di atas permukaan laut.

Hal inilah yang membuat Candi Cetho menjadi salah satu tempat wisata wajib buat kamu yang ingin berburu sunrise ataupun sunset di Tawangmangu.

Kebun Teh Kemuning

Terakhir, Kebun Teh Kemuning bisa menjadi tempat wisata yang menarik dikunjungi di Tawangmangu. Di sini pengunjung akan disajikan pemandangan hamparan kebun teh hijau yang luas dan suasana menenangkan.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas outbond, lho di sana. Udara di pegunungan ini juga dingin banget kadang suhunya mencapai 21 derajat celcius. Lokasi kebun teh ini ada di Jalan Kemuning, Kabupaten Karanganyar.

Komentar kamu?