Tempat Wisata Gua Paling Eksotis di Indonesia

Tak kalah dengan luar negeri, gua di Indonesia ini memiliki panorama yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut delapan gua yang sangat menakjubkan di Indonesia.

114 views
0

WartaWisata.ID – Kamu wajib berbangga tinggal dan memiliki Indonesia. Eksotisme yang ditawarkan Indonesia tak cukup hanya dengan pantai dan gunung, melainkan masih banyak destinasi wisata lainnya.

Kalau kamu hanya berwisata menikmati panorama di permukaan tanah, mungkin itu sudah biasa. Bagaimana kalau berwisata menelusuri dunia bawah tanah Indonesia, seperti gua.

Tak kalah dengan luar negeri, gua di Indonesia ini memiliki panorama yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut delapan gua yang sangat menakjubkan di Indonesia.

Gua Jomblang

Gua yang satu ini terbentuk secara alami karena proses geologi sejak ratusan tahun lalu. Artinya, ada lubang di bagian atas gua yang membentuk sinkhole.

Kamu akan merasa seperti di bawah sinar surga saat berada di dalamnya. Jangan lupa foto-foto ya!

Gua Maharani

Jika sedang di Jawa Timur, jangan lupa sempatkan mengunjungi destinasi ini. Gua yang terletak di Lamongan ini cukup populer.

Dari dalam gua, kamu akan menemukan pemandangan berupa pancaran cahaya warna-warni ketika matahari menerangi daerah tersebut. Keren banget!

Gua Pindul

Gua yang terletak di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta ini bisa dikatakan masih tergolong baru, karena baru diresmikan pemerintah daerah sekitar 2010 silam.

Berbeda dengan yang lainnya, kamu harus menggunakan ban atau yang biasa disebut cave tubing saat menyusurinya.

Kamu akan merasakan sensasi menyusuri gua dengan duduk di atas ban. Kamu juga bisa menyentuh langit-langitnya, karena jaraknya hanya sekitar empat meter. Seru kan?

Gua Es Carstensz

Siapa bilang Indonesia gak punya salju? Nih buktinya! Indonesia juga punya gua es, lho! Letaknya di Papua.

Karena berada di ketinggian yang ekstrem, maka gua ini juga diselimuti gumpalan es abadi dan salju. Jika kamu ingin menyusurinya, siapkan fisik, mental, dan stamina yang kuat ya.

Gua Tabuhan

Selain Gua Gong, Gua Tabuhan juga terkenal di Pacitan, Jawa Timur. Spesialnya, kamu bisa menemukan stalaktit dan stalakmit yang berusia ratusan tahun dan bisa menghasilkan suara.

Karena itu, gua ini sering dijadikan lokasi pentas musik Jawa dengan menggunakan stalaktit dan stalakmit sebagai alat musiknya. Banyak pula wisatawan asing yang tertarik dengan keunikannya itu.

Gua Barat

Sama seperti Gua Pindul, kamu akan menyusuri gua ini dengan ban pelampung. Nama lainnya yaitu Gua Angin, karena selalu menghembuskan angin yang tak tahu dari mana asalnya.

Dibutuhkan sekitar lima jam untuk menyusurinya, karena panjangnya mencapai 6,5 kilometer. Wow!

Itulah destinasi gua yang sangat menakjubkan di Indonesia. Bagi yang belum pernah ke sana, coba deh sesekali mampir. Dijamin gak bakalan nyesel deh!

Komentar kamu?