Menguji Adrenalin di River Moon Kali Pusur Klaten

Berbeda dengan lokasi wisata air di Klaten, River Moon Kali Pusur menyuguhkan destinasi yang memicu adrenalin pengunjung

116 views
0

WartaWisata.ID – Objek wisata di Klaten bukan hanya Umbul Ponggok. Anda bisa menjajal sensasi wisata susur sungai di River Moon Kali Pusur. Berbeda dengan lokasi wisata air di Klaten, River Moon Kali Pusur menyuguhkan destinasi yang memicu adrenalin pengunjung.

Karenanya, pengunjung bisa menyusuri (river tubing) Kali Pusur. Tak heran, destinasi wisata Klaten River Moon Kali Pusur ini banyak dikunjungi wisatawan.

Wisata River Moon Kali Pusur ini terletak di sebelah utara pusat Kota Klaten, tepatnya di Karanglo, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi wisata ini cukup mudah, hanya 30 menit saja dari pusat kota Klaten dengan mengendarai kendaraan bermotor.

Selain menyajikan wisata river tubing Kali Pusur, River Moon Kali Pusur juga menyediakan fasilitas outbound, camping, dan juga fun game. Tak ayal, salah satu wisata air di Klaten ini sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga, sahabat, maupun sekolah.

Berbagai fasilitas juga disediakan di River Moon Kali Pusur, yang terdiri dari gazebo, area outbound, kamar mandi, area camping, wahana skill game, catering, dan juga instrukstur andalan.

Harganya pun sangat terjangkau, untuk river tubing Kali Pusur sejauh 500 meter, pengunjung hanya membayar Rp15 ribu per orang. Pengunjung akan mendapakan fasilitas keamanan berupa pelampung, helm, ban dan instruktur tubing.

Jika ingin menguji adrenalin lebih menantang, wisatawan bisa mencoba menyusuri Kali Pusur sejauh dua kilometer dengan tarif Rp40 ribu per orang. Selain mendapat fasilitas keamanan, pengunjung yang mengambil paket dua kilometer ini akan mendapatkan air minum, snack, dan mobil jemput.

River Moon Kali Pusur didirikan oleh salah satu warga Polanharjo, Sarjono pada 2016 lalu. Seiring berjalannya waktu, wisata air di Klaten ini dikelola juga oleh sang anak, Prasetyo.

Awal mula membuka usaha ini, Prasetyo mengaku prihatin dengan kondisi Kali Pusur yang tidak dimanfaatkan dengan baik dan hanya dianggap kali biasa. Padahal, ia melihat potensi Kali Pusur sangat besar untuk destinasi wisata.

Pertama berdiri, River Moon Kali Pusur hanya menyediakan fasilitas wisata river tubing jarak pendek, 300 meter dan outbound. Kemudian, sejak 2018 river tubing diperpanjang hingga dua kilometer. Semenjak itu, pengunjung River Moon Kali Pusur bisa mencapai 1.000 hingga 2.000 wisatawan per pekan yang berasal dari Solo, Klaten, Semarang, Jogja hingga mancanegara.

Untuk keamanannya, wisatawan tak perlu khawatir. Prasetyo menegaskan wisata river tubing di Kali Pusur ini sangat aman karena sungai ini bukan sungai utama.

Komentar kamu?