Datang ke Taman Nasional Tanjung Puting Untuk Merasakan Hutan Amazonnya Indonesia

Di sini, kamu dapat melihat dan berkenalan dengan orang utan

117 views
0

WartaWisata.ID – Tak perlu jauh-jauh menyebrangi benua untuk demi mengalami suasana liar hutan hujan Amazon. Di Indonesia juga ada, datang saja ke Taman Nasional Tanjung Puting. Belantara dan nuansa alamnya yang begitu ‘perawan’ dijamin menggugah insting petualang kamu.

Taman Nasional Tanjung Puting berlokasi Semenanjung Barat Daya, Kalimantan Tengah. Di sini, kamu dapat melihat dan berkenalan dengan orang utan. Selain spesiDi sini, kamu dapat melihat dan berkenalan dengan orang utanes asli Indonsia itu, ada juga monyet ekor panjang dan primata lain juga berkeliaran bebas di area ini.

Jika kamu ingin berkunjung ke Tanjung Puting, kamu bisa naik pesawat dengan rute Pangkalan Bun, dari Jakarta, Semarang dan Surabaya. Lebih disarankan untuk para wisatawan mengikuti open trip. Selain hemat biaya, kamu juga nggak kesusahan disana karena tidak tau medan perjalanan.

Berikut 5 aktivitas menarik yang bisa kamu nikmati di TN Tanjung Putting

Menelusuri sungai seperti di Amazon

Tanjung puting juga punya sungai mirip dengan Amazon. Orang-orang menamainya dengan Amazon-nya Indonesia. Sungai ini mengalir sepanjang 45 kilometer, bekelok-kelok membelah belantara lebat dengan pohon-pohon yang tumbuh rapat

Namun, kamu harus waspada jika menelusuri sungai tersebut. Pasalnya, sungai itu adalah rumah bagi ratusan ekor buaya. Tetapi tenang saja, kamu tetap aman jika selalu mematuhi prosedur keselamatan dari pihak taman nasional.

Menelusuri sungai dengan kapal klotok

Untuk mencapai Tanjung puting kamu harus menelusuri dengan transportasi kapal. Kapal itu terbuat dari kayu, yang bernama kapal klotok. Kamu akan tinggal sementara untuk beberapa hari disini, di pinggir sungai. Seru yah!

Sungai air cola

Aliran sungai Sekonyer atau Amazonnya Indonesia memiliki warna air seperti minuman soda cola-cola. Menyusuri sungai berair pekat ini bikin dada bersedesir. Sebab, buaya selalu mengintip di balik air sungai itu. hiii!

Melakukan trekking untuk melihat orang utan

Kalau mau melihat habitat orangutan disini, kamu harus berjalan. Setelah turun dari kapal, kamu diwajibkan untuk berjalan menelusuri hutan untuk melihat hewan tersebut.

Diketahui orangutan yang berada di kawasan ini ternyata terbesar loh. Jumlahnya ada 6.000 orangutan berbagai jenis, serunya kita dapat melihat langsung keberadaan mereka.

Melihat binatang buas

Tak hanya melihat orangutan dengan berbagai jenis, disini kamu juga bisa bertemu dengan hewan buas. Ada babi hutan, macan, tapir dan lain-lain. Tak perlu khawatir jika melihat binatang tersebut, syaratnya cukup patuhi peraturan taman saja.

Komentar kamu?