Kebijakan Khusus Ancol Pasca Pengunguman Adanya Virus Corona di Indonesia

Melalui siaran pers yang diterima awak media, manajemen Ancol mengatakan bahwa pihaknya telah menerapkan kebijakan khusus dalam upaya pencegahan penularan virus corona Covid-19

136 views
0

WartaWisata.ID – Pasca pengumuman adanya warga negara Indonesia yang mengidap virus corona Covid-19 pada Selasa, 2 Maret 2020, banyak pihak mulai meningkatkan kewaspadaan terutama penyedia layanan publik dan lokasi rekreasi.

Salah satunya adalah pengelola kawasan rekreasi, resort dan properti di kawasan Jakarta Utara, Taman Impian Jaya Ancol.

Melalui siaran pers yang diterima awak media, manajemen Ancol mengatakan bahwa pihaknya telah menerapkan kebijakan khusus dalam upaya pencegahan penularan virus corona Covid-19.

Salah satunya dengan menempatkan cairan antiseptik di beberapa lokasi umum. Selain itu, manajemen Ancol juga akan membuat SOP penanggulangan Pengunjung Dalam Pengawasan dan membentuk tim khusus di seluruh unit usaha.

“Selanjutnya Manajemen juga tengah mempersiapkan langkah pencegahan dengan pengukuran suhu tubuh bagi karyawan, mitra usaha hingga ke pengunjung dengan infrared thermometer dan ruang isolasi khusus di seluruh unit usaha,” tulis rilis yang diterima awak media, Rabu (4/3/2020).

Secara keseluruhan, kebijakan manajemen Ancol terkait kenyamanan pengunjung di waktu-waktu wabah corona Covid-19 ini adalah sebagai berikut :

1. Menempatkan cairan antiseptik untuk mencuci tangan yang tersebar di beberapa lokasi umum. Menempatkan pula informasi dan edukasi cara mencuci tangan yang baik, serta senantiasa mengingatkan karyawan dan pengunjung untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.

2. Melakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan secara rutin serta memberikan himbauan kepada karyawan yang sedang kurang sehat untuk menggunakan masker saat beraktivitas baik di lingkungan kantor maupun di luar kantor.

3. Meningkatkan frekuensi pembersihan pada seluruh fasilitas yang bersentuhan langsung dengan karyawan dan pengunjung.

4. Membuat SOP penanggulangan Pengunjung Dalam Pengawasan (PDP) dan membentuk tim khusus di seluruh unit usaha.

5. Menyediakan Pos P3K di setiap unit rekreasi.

6. Memasang poster mengenai informasi dan pencegahan Covid-19 disejumlah titik strategis agar dapat dibaca dengan baik oleh seluruh karyawan dan pengunjung.

7. Melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta serta RSPI Sulianti Saroso jika terdapat indikasi karyawan atau pengunjung yang terdampak Covid-19.

Lebih lanjut, VP Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya ancol Tbk, Agung Praptono bahwa keselamatan, kenyamanan dan kesehatan seluruh karyawan dan stakeholder perusahaan termasuk pengunjung merupakan prioritas manajemen, termasuk pencegahan terhadap berbagai macam epidemik yang ada.

 

Komentar kamu?