Peraturan yang Harus Kamu Ketahui di Kawasan Keraton Yogyakarta

Sebagai bangunan bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi, ada beberapa aturan yang ditetapkan demi kebaikan bersama

148 views
0

WartaWisata.ID – Keraton Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi siapa pun yang sedang berada ke Yogyakarta. Sebagai bangunan bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi, ada beberapa aturan yang ditetapkan demi kebaikan bersama, yang mana aturan ini harus dipatuhi oleh siapa pun yang berada di kawasan Keraton Yogyakarta.

Nah, berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pengunjung di Keraton Yogyakarta.

Tidak diperkenankan memakai topi di dalam keraton

Bagi masyarakat Yogyakarta, mengenakan topi di dalam ruangan adalah perbuatan yang tidak sopan. Aturan ini juga berlaku di lingkungan Keraton Yogyakarta. Untuk itu, setiap pengunjung yang hendak memasuki Keraton Yogyakarta wajib melepaskan topi.

Kendati demikian, pengunjung masih diperbolehkan mengenakan kerudung ataupun peci. Hal ini dikarenakan kerudung dan peci merupakan bagian dari perangkat ibadah.

Jangan menyentuh benda-benda yang ada di dalam keraton

Di dalam bangunan Keraton Yogyakarta tersimpan barang-barang kuno nan memiliki nilai historis. Oleh karena itu, semua pengunjung wajib menjaga sikap dan dilarang keras menyentuh benda apa pun yang ada di dalam keraton. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kerusakan pada barang-barang koleksi keraton. Terlebih mayoritas barang di sini usianya sudah sangat tua dan rapuh.

Dilarang membawa barang-barang beroda

Setiap pengunjung area Keraton Yogyakarta juga dilarang membawa benda-benda beroda di lingkungan keraton, seperti stroller ataupun koper. Aturan ini dibuat lantaran kawasan keraton terdiri dari undakan tangga dan berpasir, yang tidak memungkinkan untuk dilalui oleh benda-benda beroda.

Peraturan ini sebenarnya tidak tertulis, jadi jika ada pengunjung yang tanpa sengaja membawa benda beroda di kawasan keraton, akan ada petugas yang menegur dan meminta agar benda tersebut ditaruh di tempat penitipan barang.

Tidak boleh foto bersama para abdi dalem membelakangi bangunan keraton

Jika kamu ingin berfoto bersama para abdi dalem di sini, kamu tidak diperkenankan berfoto dengan membelakangi bangunan keraton. Ini lantaran bangunan keraton adalah tempat tinggal bagi Sultan, keluarganya, dan barang-barang pusaka.

Sehingga mengambil foto bersama dengan abdi dalem dengan membelakangi keraton dianggap sama dengan membelakangi Sultan dan keluarganya yang mana hal ini dianggap tidak sopan.

Dilarang foto membelakangi abdi dalem

Sah-sah saja jika kamu ingin berselfie ria bersama para abdi dalem keraton, asalkan kamu tidak berfoto dengan membelakangi mereka. Selain itu, kamu juga dilarang berfoto dengan menjadikan para abdi dalem sebagai backgroundnya.

Sebab, para abdi dalem adalah pegawai keraton pilihan Sultan beserta keluarganya. Sehingga abdi dalem ini memiliki kedudukan yang terhormat dan membelakangi abdi dalem dianggap sebagai perbuatan yang tidak sopan.

Tidak boleh duduk atau melintasi tempat tertentu

Ada aturan tertulis yang mengatakan bahwa pengunjung dilarang melintas atau duduk di area tertentu, yang mana aturan ini wajib dipatuhi. Peraturan ini dibuat lantaran tempat-tempat tersebut memiliki kedudukan yang khusus, sehingga hanya boleh ditempati oleh Sultan dan orang-orang tertentu.

Demikian tadi beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat berada di keraton Yogyakarta. Sebagai traveler sejati, alangkah baiknya jika kita selalu menaati peraturan yang berlaku di tempat yang kita datangi. Bukan hanya di Keraton Yogyakarta tapi juga di tempat-tempat lainnya.

 

Komentar kamu?