Berlibur ke Ranu Manduro Destinasi Wisata yang Viral di Mojokerto

Destinasi wisata baru di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler

178 views
0

WartaWisata.ID – Nama Ranu Manduro mendadak booming setelah viral di media sosial. Destinasi wisata baru di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler.

Hamparan padang rumput hijau, bebatuan besar, dan gugusan gunung yang berdiri megah menjadi daya tarik Ranu Manduro. Destinasi wisata ini siap memanjakan para pencinta alam dan wisatawan yang ingin melepaskan diri dari hiruk-pikuk ibu kota.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk menuju Ranu Manduro? Mengutip laman instagram @mojokertojalanjalan, Rabu (26/2/2020), berikut kami rangkumkan rute dan transportasi yang bisa Anda gunakan.

Mengingat lokasi Ranu Manduro berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah bisa menggunakan kereta api atau pesawat terbang untuk mencapai Surabaya atau langsung ke Mojokerto.

Setelah itu, Anda bisa menyewa mobil atau kendaraan roda dua untuk menuju lokasi. Hasil pantauan kami, kendaraan roda dua menjadi alternatif terbaik karena medan atau jalan menuju ke tempat ini tidak terlalu luas.

Anda dapat menggunakan Google Maps sebagai penunjuk arah, atau bertanya langusung ke penduduk sekitar. Mereka sudah mengetahui Ranu Manduro sejak tiga tahun silam.

Nah, bagi wisatawan yang berangkat dari Mojokerto, jarak tempuh untuk sampai ke Ranu Manduro memakan waktu sekitar 50 menit.

Cukup masukkan kata kunci Desa Manduro ke dalam Google Maps sebagai penunjuk utama. Kemudian ikutilah rute yang ditampilkan di layar kaca smartphone Anda.

Tidak perlu khawatir, rute menuju Ranu Manduro terbilang mudah ditelusuri mengingat lokasinya yang melewati beberapa tempat populer, salah satunya Ngoro Industri.

Bila sudah sampai di tempat ini, ambillah jalur menuju Pasuruan, lalu belok kiri. Tidak jauh dari situ ambil arah kanan hingga sampai ke daerah Mojosari.

Dari tempat tersebut, ikutilah Google Maps untuk menuju Desa Manduro. Perhatikan sisi kanan jalan karena di sisi inilah letak gapura berwarna biru bertuliskan Desa Manduro

Setelah sampai di Desa Manduro, Anda masih harus melewati medan berliku yang dihiasi perkebunan warga. Berhati-hati lah bila datang di musim hujan karena jalanan cenderung berlumpur.

Perlu diingat bahwa lokasi Ranu Manduro tidak terlalu jauh dari Gapura yang telah Anda lewati sebelumnya. Jadi jangan sungkan bertanya kepada penduduk setempat, bila sekiranya Anda bingung menentukan arah.

Di depan Ranu Manduro kini sudah tersedia posko atau pintu masuk yang dikelola oleh para penduduk. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5 ribu untuk tiket masuk.

Dan, tadaaaa. Anda sudah sampai ke salah satu destinasi paling hits di Mojokerto. Melihat tampilan video yang diunggah akun instagram @mojokertojalanjalan, sejak viral di media sosial, Ranu Manduro kini telah dipenuhi pedagang-pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya.

Namun alangkah baiknya Anda membawa bekal sendiri, dan jangan lupa membawa pulang sampah-sampah yang tersisa. Selamat berlibur!

Komentar kamu?