Vihara Avalokitesvara Graha Tanjungpinang, Vihara Terbesar di Asia Tenggara

Vihara Avalokitesvara Graha diresmikan oleh Menteri Agama Maftuh Basyuni pada 3 Juni 2009 silam

147 views
0

WartaWisata.ID – Banyak yang belum tahu, di mana vihara terbesar se-Asia Tenggara? Jawabannya ada di Kepulauan Riau. Inilah Vihara Avalokitesvara Graha di Tanjungpinang.

Kota Tanjungpinang di Pulau Bintan menyimpan pesona wisata religi yang patut dikunjungi. Wujudnya adalah sebuah vihara. Bukan sembarang vihara, melainkan vihara yang terbesar di Asia Tenggara.

Vihara ini bernama Avalokitesvara Graha. Lokasinya berada di Kelurahan Air Raja. Tepatnya di Jl WR Supratman, KM 14, Tanjungpinang. Letaknya di kiri jalan, bila kita berangkat dari pusat kota.

Dari jalan raya, bangunan Vihara Avalokitesvara tampak sangat mencolok karena ukurannya yang super besar. Vihara ini pun disebut-sebut sebagai yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tak main-main memang.

Halaman vihara dipagari oleh gerbang inggi menjulang dengan warna kuning dan merah yang cerah. Di depannya, ada 2 patung penjaga dengan wajah seram.

Masuk ke dalamnya, ada kebun buah naga yang sengaja ditanam hingga luasnya nyaris sepertiga halaman vihara. Setelah hamparan kebun buah naga, baru kita disambut oleh deretan patung dewa-dewi.

Ada 16 patung di halaman ini. Baru setelahnya, kita naik tangga berundak di bagian teras vihara. Dari teras depan ini kita bisa dengan mudah melihat betapa luasnya Vihara Avalokitesvara Graha.

Vihara Avalokitesvara Graha diresmikan oleh Menteri Agama Maftuh Basyuni pada 3 Juni 2009 silam. Pembangunannya diprakarsai oleh Komunitas Tionghoa yang berada di Tanjungpinang.

Di dalam vihara, terdapat patung Dewi Kuan Yin Phu Sha dalam posisi duduk yang amat megah. Tingginya mencapai 16,8 meter. Beratnya 40 ton, dan dilapisi oleh emas 22 karat.

Patung ini pun telah dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung Dewi Kuan Yin terbesar yang berada di dalam ruangan.

Selain itu, ada juga patung dewa-dewi setinggi kurang lebih 3,5-4 meter yang berjajar di sisi kanan dan kiri ruangan menghadap ke arah patung Dewi Kuan Yin Phu Sha. Keberadaan patung ini tentu semakin menambah keindahan vihara tersebut.

Kemegahan Vihara Avalokitesvara Graha pun menarik wisman yang berasal dari beberapa negara. Sebut saja China, Singapura, Malaysia dan juga Thailand. Kebanyakan turis ini datang karena ingin sembahyang, sambil mengagumi kemegahan bangunan vihara ini.

Vihara ini juga jadi tempat untuk memperdalam ilmu agama bagi para bhiksu yang datang dari berbagai wilayah dan negara. Jadi jangan heran jika berjumpa dengan beberapa bhiksu yang berasal dari negara tetangga.

Karena merupakan tempat ibadah yang aktif digunakan, traveler yang berkunjung ke Vihara Avalokitesvara Graha diharapkan untuk menjaga kesopanan, serta tidak mengganggu jika sedang ada umat yang beribadah.

Vihara Avalokitesvara Graha jadi bukti nyata betapa damainya kerukunan hidup antar umat beragama di Tanjungpinang. Warga Keturunan Tionghoa diketahui sudah hidup damai selama ratusan tahun di Kepulauan Riau.

Kamu bisa berkunjung ke vihara ini karena terbuka untuk umum dan untuk semua agama. Vihara Avalokitesvara Graha buka dari setiap hari, dari mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00 WIB.

 

Komentar kamu?