Tempat Wisata Sejarah di Pulau Ambon

Kota Ambon ini sangat cocok didatangi buat kalian yang suka berwisata sejarah

627 views
0

WartaWisata.ID – Ambon merupakan kota pulau yang terdapat di Maluku, di mana sekaligus menjadi ibu kota dari Provinsi Maluku. Kota yang awalnya didirikan oleh Portugis pada tahun 1575 ini sudah memiliki sejarah panjang dari penjajahan Portugis hingga Belanda.

Maka dari itu kota ini memiliki berbagai bangunan tua peninggalan kedua negara tersebut yang sudah pasti keren. Kota Ambon ini sangat cocok didatangi buat kalian yang suka berwisata sejarah. Maka dari itu kalian harus nih menyimak beberapa wisata sejarahnya berikut ini.

Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam merupakan benteng kecil yang terletak di utara pulau Ambon, yang persisnya berada di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Bangunan benteng kecil ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1637 pada masa VOC. Struktur bangunan ini sangat unik dengan dinding yang begitu tebal, setebal 47 cm. Meski tidak terlalu besar namun bentuknya menarik untuk disaksikan.

Benteng ini juga berperan penting pada masa itu untuk menjadi pertahanan Pulau Ambon dari serangan bangsa Eropa lainnya, serta dipergunakan untuk menyimpan senjata dan tempat tahanan sementara.

Benteng New Victoria

Masih terdapat wisata benteng di Pulau Ambon, yakni Benteng New Victoria yang menjadi peninggalan bangsa Portugis di pulau ini. Benteng ini terletak di pusat kota Ambon, yang berada di kawasan sekitar Lapangan Merdeka. Berdiri sejak tahun 1575, di mana bangunan benteng Portugis ini menjadi yang tertua di Ambon dan kemudian diambil alih oleh Belanda.

Benteng ini memiliki berbagai fasilitas ruangan yang dipergunakan untuk menyimpan persediaan makanan dari Eropa serta sempat mengalami renovasi usai terjadinya gempa pada tahun 1754, yang namanya menjadi Nieuw Victoria.

Masjid Wapauwe

Kemudian terdapat Masjid Wapauwe yang terletak di dekat Benteng Amsterdam, tepatnya di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Masjid ini menjadi masjid tertua yang ada di Ambon karena sudah berusia sampai 7 abad, sejak dibangun pada tahun 1414. Maka dari itu bangunan masjid ini menjadi peninggalan jejak Islam di Pulau Ambon yang masih bertahan hingga kini.

Bentuk arsitektur masjid ini begitu menarik dengan dinding yang terbuat dari pelepah sagu, serta atapnya yang terbuat dari daun rumbia. Meski terbuat dari bahan sederhana, namun masih kuat hingga kini dan sempat mengalami renovasi pada tahun 1959.

Museum Siwalima

Ada pula Museum Siwalima yang terletak di sebelah barat daya Kota Ambon yang masuk dalam Kecamatan Nisawine. Museum ini menghadirkan berbagai peninggalan masa lampau dan budaya yang terdapat di Ambon sehingga pengunjung dapat melihat macam-macam benda kuno asli dari Ambon seperti perahu, jaring untuk menangkap ikan dan lainnya.

Tempat ini juga memiliki lebih dari 5.000 benda-benda kuno yang sangat terawat dan dapat disaksikan oleh para pengunjung.

Monumen Perdamaian Dunia

Terakhir, ada monumen Perdamaian Dunia yang merupakan monumen besar di kota Ambon yang sudah diresmikan pada tahun 2009. Monumen berbentuk gong ini menjadi pengingat masyarakat akan adanya tragedi kerusuhan antar agama di Ambon pada tahun 1996-2002.

Selain itu, monumen ini juga jadi salah satu dari tiga monumen terbesar yang ada di Indonesia.

Itu dia beberapa tempat wisata sejarah yang ada di Pulau Ambon yang pastinya gak boleh untuk dilewatkan. Kalau menurut kalian mana nih yang paling keren?

Komentar kamu?