Air Terjun Batang Kapas, Destinasi Wisata Buat Kamu yang Punya Jiwa Berpetualang

Untuk menuju ke tempat ini, dibutuhkan ketahanan fisik dan metal. Pasalnya, Kamu harus berjalan kaki hampir seharian

632 views
0

WartaWisata.ID – Pernah dengan Air terjun Batang Kapas? Ini memang surga tersembunyi yang letaknya benar-benar terpencil di belantara Riau. Air terjun ini berlokasi di Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Untuk menuju ke tempat ini, dibutuhkan ketahanan fisik dan metal. Pasalnya, Kamu harus berjalan kaki hampir seharian menembus hutan melewati setapak. Air Terjun Batang Kapas memang suguhan khusus bagi petualang bermental baja.

Perjalanan pengunjung dimulai dengan menggunakan mobil atau motor dari Kota Pekanbaru Tujuannya adalah Desa Lipat Kain yang berjarak 71 km.

Waktu tempuhnya kurang lebih dua jam. Tiba di Lipat Kain, perjalanan dilanjutkan menuju desa Lubuk Binggau. Ada beberapa desa yang dilewati, di antaranya Desa Sontul, Tanjung Karang, Deras Tajak, dan Desa Batu Sasak.

Petualangan sesungguhnya adalah ketika berangkat dari Desa kain lipat ini. Meski jarak menuju Lubuk Binggau adalah, 64 km, namun waktu tempuhnya bisa lebih dari empat jam.

Jika kondisi cuaca sedang hujan, waktu di perjalanan akan semakin lama. Bisa enam hingga sembilan jam. Hal ini dikarenakan di beberapa titik kondisi jalannya masih tanah dengan banyak tanjakan terjal.

Tiba di Lubuk Binggau, perjalanan masih berlanjut. Untuk menuju lokasi air terjun ada jasa ojek yang bisa mengantar sejauh 4-5 km. Selanjutnya adalah berjalan kaki melintasi hutan belantara selama kurang lebih 3 jam.

Air terjun masih perawan dan indahnya bukan main. Diperkirakan memiliki ketinggian 150 meter dengan panorama alam yang memukau berupa kombinasi bebatuan berukuran masif dan tanaman hijau.

Dikelilingi hutan perawan dengan berbagai macam flora fauna, suguhannya adalah udara segar dan rasa damai dan tenang.

 

Komentar kamu?