Air Terjun Pengantin Desa Nasol yang Eksotik

Di Ciamis, kamu bisa main ke air terjun pengantin yang eksotik dan menyegarkan

150 views
0

WartaWisata.ID – Kekayaan alam di Ciamis sangat melimpah. Ada air terjun cantik yang asyik buat main basah-basahan. Masih banyak lokasi di Ciamis yang berpotensi jadi destinasi wisata. Di Ciamis sendiri terdapat air terjun yang sangat iconic.

Air Terjun Pengantin Desa Nasol

Di Ciamis, kamu bisa main ke air terjun pengantin yang eksotik dan menyegarkan. Curug Panganten ini letaknya cukup tersembunyi di kaki Gunung Sawal, tepatnya di Dusun Palasari, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dikatakan eksotik karena, Curug Penganten itu berada di bawah tebing batu cadas dengan ketinggian sekitar 60 meter lebih. Juga, dikelilingi pepohonan pinus khas hutan yang rindang serta banyak bebatuan yang menambah keindahan curug.

Di bawah air terjun pengantin terdapat genangan yang cukup dalam, bisa digunakan untuk berenang atau sekedar basah-basahan. Disebut air terjun pengantin, karena di air terjun ini memiliki dua tingkatan, yang di atasnya lebih pendek tapi yang di bawahnya cukup tinggi.

Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih, karena langsung dihasilkan dari mata air Gunung Sawal. Di musim hujan, airnya tetap jernih.

Akses menuju Curug Panganten sekitar 1 kilometer dari pusat pemerintahan Desa Nasol. Dalam perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam Gunung Sawal yang indah sehingga bisa menjadi penawar rasa capek selama perjalanan.

Setelah menyusuri panorama hutan alam, juga terdapat cadas ngampar atau hamparan bebatuan rata dan besar mirip tembok yang dikelilingi air jernih. Di sana wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah. Wisatawan akan terpuaskan dengan berkunjung ke curug panganten ini.

Sekretaris Desa Nasol Acep Ruhiat mengatakan Curug Panganten ini mulai dikenal masyarakat sekitar sejak 2015-an, saat setelah ditemukan oleh Pemerintah Desa menjadi salah satu potensi wisata yang perlu dikembangkan.

Kemudian, Pemdes mulai melakukan pemetaan untuk akses jalan menuju curug supaya mudah dilalui oleh wisatawan. Karena saat awal ditemukan akses jalan cukup berat.

“Sekarang sudah mulai dikenal, terutama setiap akhir pekan Sabtu-Minggu warga disini banyak yang ke sana untuk makan-makan atau sekedar bermain,” ujarnya.

Di balik air terjun Pengantin yang eksotis, ada sebuah mitos tersembunyi. Barangsiapa yang mandi sambil berzikir di sini keinginannya bisa terkabul.

Namun cerita mitosnya, konon percaya atau tidak, kalau melakukan ritual mandi sambil berzikir di lokasi curug maka tujuan dan keinginan yang diucapkan bisa tercapai.

Beberapa keinginan orang yang datang kesana dan melakukan ritual mandi seperti ingin dilancarkan dalam berdagang, pertanian, hingga karir pekerjaan. Namun menurutnya, itu sesuai dengan niat dan keyakinan masing-masing karena semua kembali kepada yang maha kuasa.

 

Komentar kamu?