Gayo, Pusat Wisata Kopi di Indonesia

Tiga kabupaten di Gayo yakni Takengon, Bener Meriah dan Gayo Lues adalah penghasil kopi arabika terbaik di Asia

291 views
0

WartaWisata.ID – Gayo menjadi pusat wisata kopi Indonesia. Tiga kabupaten di Gayo yakni Takengon, Bener Meriah dan Gayo Lues adalah penghasil kopi arabika terbaik di Asia.

Dengan produksi mencapai 100 ribu ton pertahun, tiga kabupaten Gayo ini hasilkan lebih dari Rp 4 triliun dari nilai perdagangannya. Kebanyakan kopi gayo diekspor ke Amerika dalam bentuk green beans. Kopi Gayo sudah dikenal sejak era penjajahan Belanda. Diintroduksi tahun 1908.

Sejak ditanam, kopi Gayo sudah diekspor ke Eropa lewat serikat dagang Belanda VOC. Kopi arabika Gayo dikenal dengan rasa dan aroma khas. Dikenal sebagai kopi spesialty dengan skor di atas 82. Hampir semua hamparan di Gayo ditanami kopi.

Kopi menjadi komoditi andalan rakyatnya. Merupakan kopi arabika terluas di kawasan Asia.

Seiring kebutuhan kopi modern dan permintaan konsumen, petani kopi Gayo membuat berbagai varian kopi. Seperti Natural, full washed, semi washed, honey, luwak dan kopi fermentasi disebut wine/winey.

Kopi-kopi Gayo menghiasi gerai kopi ternama sekelas Starbucks. serta gerai dalam negeri antero Indonesia.

Kini setiap akhir pekan, wisatawan berkunjung ke Tanoh Gayo untuk menikmati kopi enaknya dan menikmati panorama. Tantangan bersepeda gunung dan arung jeram serta motor trail.

Gayo menjadi kabupaten kopi ditandai dengan banyaknya kafe, kafe mobil, dan pusat penjualan kopi gayo.

Kini, Gayo menjadi destinasi wisata kopi bagi turis lokal dan mancanegara. Ditandai dengan penuhnya hunian hotel dan losmen di akhir pekan.

 

Komentar kamu?