Pergi ke Bukit Panenjoan Untuk Melepas Penat

Destinasi wisata ini merupakan sebuah bukit atau lahan hijau yang dikelilingi perkebunan teh yang luasnya mencapai 100 hektar

989 views
0

WartaWisata.ID – Sudah masuk tengah minggu, waktunya untuk menyusun apa yang harus dilakukan saat akhir pekan mendatang. Buat kamu yang pengin merilis tensi dengan jalan-jalan, pertimbangkan Bukit Panenjoan Purwakarta.

Dari namanya saja, sudah ketahuan apa sajian utama destinasi wisata ini. Pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan sudah pasti meluluhkan segala bentuk tekanan hidup.

Destinasi wisata ini merupakan sebuah bukit atau lahan hijau yang dikelilingi perkebunan teh yang luasnya mencapai 100 hektar.

Melihat lembah luas diliputi hamparan tanaman teh sebagai latarannya seperti memasukan charger ke colokan listrik. Jiwa kamu yang telah ‘critical’ lantaran terkuras soleh rutinitas membosankan kembali mendapatkan energi baru.

Area ini dulunya merupakan lahan tandus yang kemudian disulap menjadi lahan hijau. Nama bukit Panenjoan itu berarti penglihatan dalam Bahasa Sunda. Jadi tidak salah lagi kalau tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk melihat dan menikmati pemandangan alam.

Bukit ini juga menyajikan suasana sejuk khas pegunungan yang menyegarkan. Lokasinya pun strategis dan memiliki akses jalan yang baik. Tak heran bila tempat ini salah satu tempat yang dinikmati oleh wisatawan lokal maupun luar daerah, terutama bagi para anak-anak muda.

Lokasi bukit ini ada di Desa Sindang Panon atau Kampung Cinangka, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat. Tidak jauh dari pusat Kota Purwakarta, yakni sekitar 19 km.

Namun, akses jalan menuju Bukit Panenjoan cukup menguras tenaga. Tak apa, hitung-hitung olahraga. Ras letih kamu juga pasti terbayar dengan pemandangan hijau memanjakan mata.

Cara menuju Bukit Panenjoan Purwakarta sangat mudah. Kamu dapat memulai perjalanan dari Purwakarta dengan mengambil arah menuju Wanayasa. Sesampainya di daerah Pondok Salam, belok kea rah kanan memasuki Gapura Indung Rahayu yang terletak di pintu masuk Desa Salem.

Nanti kamu akan bertemu jalan mulus sepanjang 10 kilometer. Setelah itu kamu akan bertemu papan petunjuk jalan ‘Kampung Panenjoan’ sampai di pintu masuk wisata Bukit Panenjoan Purwakarta.

Di sana tersedia laham parkir untuk kendaran roda 2 dan 4. Jadi kamu tak perlu khawatir memaekir kendaraan. Setelah bertemu dengan loket pembayaran karcis maka kamu haru berjalan sejauh 300 meter di jalan setapak. Bukit ini di buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara untuk tiketnya dikenakan biaya Rp 5000.

Destinasi ini sudah dikelola dengan baik dan terdapat sejumlah fasilitas warung makan, gazebo, spot foto, musholla, toilet, dan tempat parkir yang memadai.

Jadi, sudah tahu mau jalan-jalan ke mana di akhir pekan ini, bukan

Komentar kamu?