Destinasi Wisata Tama di Kabupaten Ketapang

Di Ketapang kalian dapat menemukan beberapa hal yang dapat kalian nikmati di daerah ini, mulai dari wisata kuliner, tempat ibadah, alam dan lainnya

193 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten dengan wilayah terluas di Provinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah sebesar 31.240,74 km². Di Ketapang kalian dapat menemukan beberapa hal yang dapat kalian nikmati di daerah ini, mulai dari wisata kuliner, tempat ibadah, alam dan lainnya.

Untuk mendatangi daerah ini kalian dapat menggunakan akses pesawat kurang lebih 30 menit sampai 2 jam dari Semarang, Jakarta dan Pontianak. Akses laut kurang lebih 6 jam dari Pontianak dan 2 hari dari Semarang, atau melalui akses darat dari Pontianak selama kurang lebih 12 jam dan 9 jam dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Berikut beberapa hal yang dapat kalian nikmati saat mendatangi Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Yuk, simak !

Hutan Kota “Akar Bergantung”

Jika kalian penikmat wisata alam namun mager buat pergi terlalu jauh, hutan kota Ketapang merupakan salah satu pilihan yang dapat kalian kunjungi, berlokasi tidak jauh dari pusat kota di sini kalian bisa menjumpai beberapa hewan seperti burung dan kera.

Untuk akses, kalian dapat mengunjungi tempat wisata ini dengan membawa kendaraan roda dua agar lebih mudah. Namun, karena ini wilayah hutan bakau ada baiknya kalian membawa krim anti nyamuk.

Bukit Batu Daya

Salah satu bukit batu raksasa yang berada di daerah Simpang Dua, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat ini menjadi favorit untuk beberapa pendaki. Memiliki tinggi sekitar 958 meter, Bukit Daya dapat diakses sekitar 5 – 6 jam dari pusat kota Ketapang menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Tugu Perdamaian

Tidak jauh dari lokasi Kelenteng Tua Pek Kong, kalian dapat menjumpai tugu Tolak Bala atau juga dikenal dengan Tugu Perdamaian. Tugu ini menjadi simbol perdamaian untuk semua suku dan etnis yang tinggal di wilayah Kabupaten Ketapang.

Tugu ini juga menjadi tempat persinggahan sementara atraksi tatung pada saat perayaan Cap Go Meh.

Tugu Ale-Ale

Setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki landmark yang menggambarkan ciri khas daerah masing-masing. Dan kabupaten Ketapang memiliki landmark Tugu Ale-Ale yang berada dekat dengan Jembatan Pawan 1 dan Sungai Pawan. Tugu ini berbentuk rumah adat melayu dan memiliki patung berbentuk kerang ale-ale.

So guys, tertarik untuk mengunjungi kabupaten Ketapang? Yuk, isi liburan kalian dengan mendatangi daerah-daerah di Indonesia sehingga bisa mengenali negeri lebih dalam. Salah satunya adalah mendatangi kabupaten Ketapang.

Komentar kamu?