Banyaknya Benda Bersejarah, Alasan Kenapa Museum Nasional Selalu Ramai

Berkunjung ke museum ini sangat mengasyikan. Sebab, kamu akan merasa tak kehabisan benda unik untuk dilihat

178 views
0

WartaWisata.ID – Jika kamu pernah Mengunjungi Museum Nasional Republik Indonesia, kamu pasti tahu jika ada patung gajah yang berdiri gagah di halaman depan gedung bergaya kolonial tersebut.

Patung itu pula yang membuat orang lebih sering menyebut gedung itu sebagai Museum Gajah, ketimbang nama aslinya.

Tapi tahukah kamu sejarah patung gajah itu ? Konon pada 1871, Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Kerajaan Siam yang kini menjadi Thailand, datang berkunjung ke Batavia. Patung gajah itu pun diberikan sang raja.

Sejarah museum sendiri punya cerita lain lagi. Eksistensinya diawali dengan berdirinya suatu himpunan bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen.

Merupakan lembaga independen yang meneliti bidang seni dan ilmu pengetahuan khusus dalam bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesastraan, etnologi dan sejarah.

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini menyimpan benda sejarah. Salah satunya adalah arca yang merupakan peninggalan dari zaman kerajaan-kerajaan Hindu-Budha.

Berkunjung ke museum ini sangat mengasyikan. Sebab, kamu akan merasa tak kehabisan benda unik untuk dilihat. Bayangkan, total 163.000 benda sejarah yang menjadi koleksi museum itu.

Ratusan ribu benda itu dibagi menjadi 7 jenis. Ada pra sejarah, sejarah, arca, khasana emas dan keramik, kebudayaan serta lukisan.

Museum bergaya kolonial ini memang menjadi favorit. Setiap hari begitu banyak orang yang datang untuk menikmati koleksi yang dipamerkan. Lokasinya strategis, dekat dengan Monas yang berada di pusat kota menjadikan museum ini selalu ramai dikunjungi. Selain itu, tiketnya juga murah, hanya Rp5 ribu untuk wisatawan nusantara dan Rp10 ribu untuk wisatawan mancanegara.

 

Komentar kamu?