Spot Snorkeling dan Diving di Karangasem Bali yang Begitu Indah

Bali juga memiliki pemandangan bawah air cantik yang kaya akan terumbu karang dan biota laut unik

457 views
0

WartaWisata.ID – Bali sudah menjadi destinasi wisata utama di Indonesia dengan berbagai wisata budaya maupun alamnya yang menarik. Bicara mengenai wisata alam, Bali juga memiliki pemandangan bawah air cantik yang kaya akan terumbu karang dan biota laut unik. Maka dari itu Bali juga menjadi surga bagi para penyelam yang ingin melihat pemandangan ekosistem bawah air yang cantik.

Salah satu daerah yang menjadi destinasi snorkeling dan diving terbaik di Bali adalah Kabupaten Karangasem yang ada di ujung timur pulau dewata.

Bagi kalian yang hobi menyelam, maka gak boleh ketinggalan untuk mencoba pergi ke beberapa tempat snorkeling berikut ini.

Pantai Tulamben

Pantai Tulamben terletak di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem yang ada di sebelah utara daerah ini. Menariknya dasar laut di sekitaran pantai ini terdapat sebuah kapal AS yang tenggelam, bernama USS Liberty. Kapal tersebut berada di kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut, serta tentunya membawa daya tarik tersendiri untuk melihat saksi sejarah bekas Perang Dunia II tersebut.

Selain terdapat bangkai kapal, di perairan ini juga terdapat berbagai macam terumbu karang indah dan berbagai biota laut yang keren banget.

Lipah Bay

Lipah Bay merupakan salah satu spot snorkeling dan diving yang terdapat di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Sama seperti Pantai Tumbelan, tempat ini juga menjadi lokasi tenggelamnya kapal patroli Jepang pada Perang Dunia II.

Letak bangkai kapal tersebut tidak jauh dari Lipah Bay dan terdapat pada kedalaman 12 meter dari permukaan laut yang pastinya menghadirkan pesona tersendiri antara menyaksikan saksi sejarah dan pemandangan laut yang menakjubkan.

Pantai Jemeluk

Kemudian ada lagi Pantai Jemeluk yang masuk dalam administrasi Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Letak spot snorkeling ini tidak jauh dari Pantai Amed dan Pantai Lipah, serta memiliki pemandangan bawah air yang tak kalah dibandingkan dua tempat tersebut.

Letaknya yang ada di teluk membuat pantai ini memiliki laut yang dangkal dan cocok untuk dijadikan area snorkeling yang tentunya menyajikan pemandangan terumbu karang keren, disertai berbagai ikan laut yang berwarna warni.

Blue Lagoon

Terakhir, ada Blue Lagoon yang merupakan salah satu lokasi snorkeling yang masuk dalam administrasi Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Lokasi pantai ini ada di sebelah Pelabuhan penyeberangan Padangbai untuk menuju ke Pulau Lombok. Pantai ini sudah terkenal sebagai lokasi snorkeling karena memiliki air yang jernih dan terumbu karang yang masih alami.

Selain itu tempat ini kerap dikunjungi para penyelam saat malam untuk menyaksikan beberapa hewan air yang keluar di malam hari, seperti hiu macan dan ikan spanish dancer yang langka.

Itu tadi beberapa lokasi snorkeling dan diving yang terletak di Karangasem, Bali yang suguhkan panorama bawah air keren. Mana nih yang menurut kalian paling keren?

Komentar kamu?