Deretan Destinasi Wisata di Pulau Paling Selatan Indonesia Ini

Meski namanya belum setenar Labuan Bajo atau pulau Padar, destinasi di salah satu pulau paling selatan Indonesia ini wajib banget masuk bucket list kamu

199 views
0

WartaWisata.ID – Menjadi bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur, wisata di pulau Timor memang enggak bisa dipandang sebelah mata. Meski namanya belum setenar Labuan Bajo atau pulau Padar, destinasi di salah satu pulau paling selatan Indonesia ini wajib banget masuk bucket list kamu.

Terlebih kalau kamu adalah petualang sejati. Deretan wisata berikut dijamin langsung bikin kamu kebelet gendong ransel. Apa saja destinasi tersebut? Yuk, simak di ulasan berikut.

Sabana Fulan Fehan

Terletak di perbatasan Indonesia dan Timor Leste, tepatnya di kabupaten Belu, Fulan Fehan merupakan padang sabana yang sangat luas nan cantik yang dihuni oleh puluhan kuda dan sapi yang hidup damai di dalamnya. Sabana ini berada di kaki gunung Lakaan. Kamu bisa mencapai Fulan Fehan dengan berkendara sekitar 1,5-2 jam dari kota Atambua, ibu kota dari kabupaten Belu. Jika datang saat pagi, kamu bisa lihat indahnya sunrise dari sabana ini atau disambut dengan kabut tipis yang magis.

Hutan Bonsai Fatumnasi

Sebenarnya pepohonan yang tumbuh di kawasan Fatumnasi adalah pohon ampupu. Namun, karena bentuknya mirip dengan pohon bonsai, maka para pendatang sering menyebutnya sebagai pohon bonsai Fatumnasi.

Fatumnasi sendiri merupakan sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Timor Tengah Selatan. Jalur menuju hutan ini terbilang sedikit berbatu dengan akses jalan yang masih belum mulus. Tapi, jangan khawatir. Semua perjuanganmu menuju hutan bonsai Fatumnasi dijamin terbayar dengan keindahan hutan pohon ampupu tersebut.

Pantai Oetune

Setelah bermain-main di hutan dan gunung, arahkan tujuanmu menuju pantai Oetune yang berjarak kurang lebih 3,5-4 jam perjalanan dari Kupang.

Di sini kamu akan menjumpai pemandangan pantai yang gak biasa, yaitu pertemuan antara laut lepas dengan bukit pasir berwarna kecokelatan. Makanya, pantai ini sering pula disebut dengan Gumuk Oetune.

Waktu terbaik untuk datang ke pantai Oetune adalah saat sunrise. Jika cuaca cerah, kamu bakal mendapati bukit pasir bak gurun tersebut berwarna keemasan, lho.

Pulau Semau

Terakhir ada pulau Semau. Walaupun letaknya terpisah dari daratan pulau Timor, namun mencapai pulau Semau sangatlah mudah. Kamu tinggal menyeberang menggunakan kapal rakyat seharga Rp50 ribu-Rp75 ribu per orang dari pelabuhan Tenau Kupang.

Pulau Semau menawarkan beberapa pantai yang masih sangat asri yang bisa kamu jelajahi menggunakan motor. Mulai dari pantai Uituhtua, pantai Kolohua atau pantai Liman, pantai Oenian atau pantai Kelapa, dan Pantai Otan. Saking cantiknya, dijamin bikin kamu gak mau pulang.

Nah, itulah tadi beberapa destinasi seru di pulau Timor, NTT yang layak jadi tujuan traveling kamu berikutnya. Kira-kira punya rekomendasi wisata apalagi di pulau ini? Yuk, share di kolom komentar!

Komentar kamu?