Homestay di Sembalun Buat Liburan Kamu ke Sembalun Lebih Hemat

Apalagi bagi kamu yang ingin menikmati panorama alam dan udara segar khas kaki pegunungan, Sembalun adalah paket lengkap untuk memenuhi hasrat liburan dan petualanganmu

535 views
0

WartaWisata.ID – Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat memang terkenal sebagai pintu gerbang menuju Gunung Rinjani. Tempat ini begitu populer di kalangan para pendaki sebab menjadi pos awal sebelum memulai pendakian. Namun, sebenarnya Sembalun tak hanya sekadar tempat persinggahan bagi para penikmat Rinjani.

Kecamatan ini telah berkembang menjadi destinasi wisata yang sangat menggoda untuk dijelajahi. Apalagi bagi kamu yang ingin menikmati panorama alam dan udara segar khas kaki pegunungan, Sembalun adalah paket lengkap untuk memenuhi hasrat liburan dan petualanganmu.

Tak hanya Rinjani, di sini kamu bisa mendaki Bukit Pergasingan untuk menikmati Sembalun dari ketinggian 1.700 meter dpl. Kamu juga bisa menjelajahi Bukit Selong untuk melihat hijaunya perkebunan milik warga. Kalau belum puas, kamu juga bisa berwisata langsung ke kebun-kebun milik warga dan merasakan pengalaman bercocok tanam di sini.

Jangan khawatir, selain destinasi wisatanya yang lengkap, akomodasi di Sembalun juga terjamin dan terjangkau. Bahkan kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menginap di Sembalun sebab ada beragam homestay dengan harga terjangkau.

“Di sini per malamnya Rp 150 ribu per orang,” ujar Nasrullah, pemilik Nasrul Geohomestay yang berlokasi di Sembalun Lawang.
Menurut Nasrul, di Sembalun Lawang ini, ada sekitar tujuh homestay yang bisa jadi pilihan akomodasi saat wisatawan berlibur di sini.

Homestay di Sembalun Lawang ini awalnya digagas oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) pada 2017 karena melihat pariwisata Sembalun yang semakin berkembang. BNI kemudian memberikan bantuan berupa material seperti kasur, sprei dan perlengkapan lainnya bagi warga yang bersedia seluruh atau sebagaian rumahnya disulap menjadi homestay.

“Rumah sudah disiapkan sama masyarakat atau berapa kamar disiapkan. Mereka (BNI) akan rehab berupa material. Tidak berupa uang,” ujar Nasrul. Menurut Nasrul, tak ada syarat khusus yang diwajibkan oleh BNI, asal pemilik rumah bersedia, maka bantuan perlengkapan homestay akan diberikan.

Uniknya, homestay di Sembalun Lawang ini bertajuk geohomestay. Alasannya karena Sembalun merupakan bagian dari Gunung Rinjani yang saat ini sudah berstatus sebagai geopark dunia.

Hal menarik lain lainnya yaitu konsep homestay di Sembalun Lawang adalah live in, artinya tidak ada sekat antara pemilik rumah dengan tamu yang menginap. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan juga berkesan sebab kamu bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal. Lantas, apa saja fasilitas yang tersedia di homestay yang ada di Sembalun Lawang?

Wah, jangan terkejut, cukup dengan harga Rp 150 ribu per malam, fasilitas yang kamu dapatkan tak akan kalah dengan fasilitas yang ada di hotel atau villa, lho. Di Nasrul Geohomestay misalnya, kamu akan serasa menyewa villa pribadi yang ada di kaki pegunungan.

Nasrul telah menyulap seluruh rumahnya menjadi homestay. Sedangkan ia beserta keluarganya tinggal di rumah lain yang berada persis di samping homestay. Di Nasrul Geohomestay yang berukuran 9 m x 6 m tersebut terdapat tiga kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tengah dan ruang tamu lengkap dengan sofa empuk dan meja.

Setiap kamar dilengkapi dengan kasur spring bed ukuran single lengkap dengan bantal guling dan selimut. Ada juga lemari kecil yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang bawaan. Selain itu, tersedia juga satu kamar mandi lengkap dengan bak mandi, shower, toilet duduk dan water heater. Nasrul juga akan menyediakan handuk bagi setiap tamu yang menginap. Namun, untuk perlengkapan mandi, kamu harus membawa sendiri ya.

Hal yang paling seru dari homestay ini yaitu keberadaan ruang tengah yang cukup luas sehingga bisa jadi tempat ngumpul yang seru jika kamu menginap bersama dengan teman-temanmu. Bahkan, ruang tengah ini bisa disulap menjadi kamar karena Nasrul juga menyediakan dua extra bed. Jadi tak perlu khawatir jika kamu mau berlibur bareng teman-teman, bukan?

Selain itu, fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan adalah sarapan gratis dengan menu masakan rumahan yang dijamin bakal bikin kamu kangen.Tak jauh dari homestay, ada juga Sembalun Cafe yang buka pada malam hari menyajikan berbagai gorengan dan yang spesial adalah hangatnya seduhan secangkir kopi Sembalun yang nikmat.

Bagi kamu yang ingin memesan kamar di homestay ini, caranya cukup mudah yaitu cukup dengan memesannya lewat online travel agent. Gampang kan? Selamat menginap.

Komentar kamu?