Pantai Prigi Akan Jadi Destinasi Utama di Trenggalek

Kawasan yang sebelumnya terkesan sederhana kini disulap lebih modern dengan berbagai fasilitas baru

623 views
0

WartaWisata.ID – Wisata Pantai Prigi Trenggalek kini telah berubah total. Kawasan yang sebelumnya terkesan sederhana kini disulap lebih modern dengan berbagai fasilitas baru.

Salah satu perubahan yang paling dirasakan adalah adanya taman dan ruang terbuka hijau di depan panggung 360. Taman baru ini didesain secara modern lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung. Sejumlah ornamen dari kayu serta aneka bunga dan rerumputan menambah kesan asri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Trenggalek Joko Irianto, mengatakan, selain taman, kini Pantai Prigi juga dilengkapi dengan pujasera yang dibangun dengan konsep modern. Pembangunan fasilitas baru tersebut menelan anggaran Rp 15 miliar yang bersumber dari pemerintah pusat.

“Ini masih akan kami kembangkan lagi, anggarannya sekitar Rp 19 miliar. Tapi tidak hanya di Prigi saja melainkan di Pasir Putih juga,” kata Joko Irianto.

Dengan konsep baru ini, pihaknya berharap destinasi pesisir Prigi tidak hanya dikunjungi wisatawan pada siang hari, namun juga bisa dinikmati pada malam hari. Jika hal itu terwujud, maka akan membawa dampak positif terhadap sektor wisata.

“Jika sudah tertata seperti ini, para wisatawan yang menginap di hotel di sekitar sini bisa jalan-jalan di taman ini, karena kalau malam menarik juga,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengapresiasi progres revitalisasi Pantai Prigi. Menurutnya, terwujudnya fasilitas pendukung ini akan sejalan dengan konsep awal untuk pengembangan kita maritim Prigi.

“Ini sudah direncanakan sejak saya masih menjadi Bupati Trenggalek dan kebetulan program ini sejalan juga dengan program Kementerian PUPR yang ingin mengembangkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi berbasis pariwisata,” kata Emil Dardak.

Menurutnya, pesisir Trenggalek dipilih oleh Kementerian PUPR karena dinilai masih relatif tertinggal dibandingkan beberapa daerah lain. Namun memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

“Kami senang sekali mendapat dukungan dari Kementerian PUPR. Dan seperti yang kita lihat, pembangunan ini didesain secara detail. Saya sudah saya sampaikan ke Pak Sekda, standar pembangunan fasilitas wisata daerah harus disamakan,” ujarnya.

Bahkan menurut Wagub, fasilitas modern yang tertata apik tersebut diharapkan menjadi standar baru bagi daerah-daerah lain dalam pembangunan destinasi wisata. Berbagai fasilitas baru dan modern tersebut mampu meningkatkan tingkat kunjungan wisata, sekaligus mendukung dimulainya operasional tol laut di selatan Jawa dari Jawa Barat hingga Banyuwangi.

“Trenggalek nantinya akan menjadi titik singgah kapal niaga. Tahun ini tol laut dimulai. Beberapa saat lagi akan dilakukan uji sandar kapal di pelabuhan. Dishub Jatim sudah mulai mempersiapkan rambu-rambu,” tambah Emil.

 

Komentar kamu?