Fenomena Alam Unik Danau Kalimutu di NTT

Danau yang terletak di Moni, Flores, Nusa Tenggara Timur, ini tak hanya dikenal akan keindahannya yang memanjakan mata

304 views
0

WartaWisata.ID – Suguhan alam Indonesia memang terlampau indah. Mulai dari pantai, gunung, hingga danau semuanya bisa kamu temukan dari Sabang sampai Merauke.

Bahkan tak sampai di situ, selain indah, beberapa kekayaan alam yang ada di Indonesia ini juga terkenal karena memiliki fenomena alam yang unik. Misalnya saja kamu bisa menemukan danau kelimutu yang cantik di Indonesia yang ternyata bisa berubah warna.

Ya, fenomena alam itu tak hanya menjadikan danau tersebut sedap dipandang, tetapi juga menawarkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

Danau Kelimutu

Danau yang terletak di Moni, Flores, Nusa Tenggara Timur, ini tak hanya dikenal akan keindahannya yang memanjakan mata. Selain indah, Danau Kelimutu juga dikenal unik karena danaunya yang bisa berubah warna.

Danau yang terletak di sekitar Gunung Kelimutu ini memiliki tiga danau kawah dengan warna air yang berbeda-beda. Karena keunikannya tersebut Danau Kelimutu juga disebut sebagai Telaga Tiga Warna.

Air di danau ini bisa berubah menjadi warna biru, merah, dan hitam. Perubahan air danau juga tidak menentu, bisa dalam hitungan hari bahkan jam. Karena bisa saja di pagi hari Danau Kelimutu memilki warna hijau, namun di siang harinya danau ini berganti warna lain.

Penyebab perubahan air di danau ini sendiri masih belum diketahui sebab ada beberapa pendapat yang berbeda. Ada yang mengungkapkan kalau perubahan warna ini terjadi karena mikroorganisme yang ada di dalam danau. Sementara itu, pendapat lainnya menyatakan kalau perubahan air danau terjadi akibat aktivitas gunung yang mengalami erupsi dan menghasilkan gas secara terus-menerus.

Akan tetapi, kita semua tentu setuju bahwa Danau Kelimutu memiliki pesona yang menakjubkan bagi wisatawan. Bahkan tak hanya unik dan indah, menurut kepercayaan Suku Lio kawah Gunung Kelimutu dipercaya sebagai tempat bersemayam arwah orang-orang yang sudah meninggal.

Komentar kamu?