Rekomendasi Bakso Kekinian, Untuk Temani Kamu Saat Musim Hujan

Tak hanya berbentuk bulat dan berbahan daging sapi, bakso juga kerap dikreasikan supaya jadi lebih unik. Ada yang bentuknya segitiga, atau pula yang isinya mozzarella.

220 views
0

WartaWisata.ID – Musim hujan, semangkuk bakso enak memang enggak ada lawannya. Bakso telah lama jadi salah satu hidangan favorit di Tanah Air. Gurih dan hangatnya membuat lidah tak henti mengunyah. Apalagi kalau ditambah sedikit sambal.

Tak hanya berbentuk bulat dan berbahan daging sapi, bakso juga kerap dikreasikan supaya jadi lebih unik. Ada yang bentuknya segitiga, atau pula yang isinya mozzarella.
Kali ini, kami memberikan rekomendasi bakso unik dari berbagai daerah. Enggak cuma unik, rasa dari semangkuk bakso di sini juga bisa bikin nagih. Apa saja?

Bakso Ikan Telur Asin A Han

Bakso itu enggak melulu harus daging sapi. Misalnya saja, Bakso Ikan Telur Asin A Han dari Pontianak. Tempat makan di Pontianak ini juga sering bikin antrean karena rasa baksonya yang begitu spesial.

Bagaimana tidak? Seporsi bakso unik ini berisi bakso polos, bakso goreng, tahu, pare, brokoli, cabai hijau, jagung muda, bakso jamur, rumput laut, serta bakso ikan isi kuning telur asin. Harganya Rp 38 ribu.

Makannya pakai perasan jeruk dan sambal nan pedas. Kuahnya begitu gurih, namun tetap bening. Pakai nasi lebih kenyang.
Oh iya, di sini juga jualan bakso sapi yang tak kalah menggoda. Kamu juga bisa memilih sendiri bakso dan pelengkapnya. Jadi lebih puas deh!

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No.39, RT.02/RW.08, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Jam buka: Setiap hari (08.00-22.00)

Bakso Kumis Blok S

Telah ada sejak 1970, warung bakso bernama Bakso Kumis Blok S ini selalu disesaki pelanggan setianya, terutama saat masuk jan makan siang atau sore hari.

Ukuran bakso yang besar dan padat serta kuah bening bercita rasa gurih menyegarkan menjadi daya tariknya. Uniknya, satu porsi bakso hanya diisi oleh tiga butir bakso berukuran besar yang disajikan dengan kuah dan taburan seledri.

Meski porsinya tak terlihat mengenyangkan, ukuran bakso yang besar dengan tekstur kenyalnya dijamin akan membuat perutmu puas. Segarnya bakso juga lebih nikmat bila ditambah dengan sambal rawit pedas.

Alamat: Jalan Birah III No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12180
Jam buka: 09.00-00.00 WIB

Bakso Tumpeng

Kalau di Yogyakarta, ada nih bakso unik yang enggak bulat. Justru bentuknya kayak tumpeng dengan berbagai ukuran dan isian. Awalnya pilihan ukuran bakso yang tersedia hanya ada 4 saja; ukuran S , M , L dan bakso tumpeng isian. Tetapi seiring meningkatnya animo masyarakat terhadap bakso ini, sekarang sudah ada 9 ukuran bakso. Paling besar ukuran xxxxxl.

Kalau mau coba yang super jumbo, kamu harus pesan terlebih dahulu. Soalnya, merebusnya butuh waktu lama. Bakso ini berisik 40 butir telur dan sangat cocok untuk dimakan bersama; hingga maksimal 25 orang.

Untuk sendirian sih, ada baiknya kamu pesan bakso tumpeng ukuran L. Sedap dan cukup mengenyangkan!

Alamat: Jl. Imogiri Tim. No.12, Singosaren, Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari (08.30-20.30)

Bakso Rusuk Samanhudi

Salah satu rekomendasi bakso enak di Jakarta nih, karena variasi baksonya yang lengkap. Ada bakso urat, bakso telur, bakso kecil, bakso urat tanggung, bakso mercon, dan bakso rudal. Ada pula mi ayam dengan tambahan rusuk sesuai selera.

Andalannya adalah Bakso telur dan tambahan rusuk (Rp 48 ribu). Kuah iga sapinya agak keruh dengan sedikit minyak dan tambahan bawang goreng serta bawang daun.

Tak lupa, ada potongan rusuk dengan balutan daging dan lemak. Rasa kaldunya gurih, dengan daging yang empuk dan selipan lemak yang lembut saat dikunyah. Sedap!

Alamat: Jalan Samanhudi Nomor 18D, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 10710.
Jam buka: Setiap hari (24 jam)

Bakso 2 Nyonya

Kalau kamu suka sumsum sapi, coba mampir ke Bakso 2 Nyonya. Cobain bakso tulang sumsum, andalan tempat makan bakso enak ini.

Seporsi bakso tulang sumsum terdiri dari dua butir bakso halus, bakso cabai rawit, bakso mozzarella, dan dua potong tulang sumsum berukuran jumbo.

Tak ketinggalan bihun, sawi, dan pangsit goreng sebagai pelengkapnya. Porsinya yang besar membuat bakso ini bisa disantap untuk dua orang.

Sambil menikmati baksonya, jangan lupa untuk menyeruput sumsum dalam tulang sapinya. Rasanya gurih dan menciptakan sensasi agak berminyak di lidah.

Bila ingin ada sensasi pedas saat menyantapnya tersedia sambal dari cabai rawit. Bakso tulang sumsum ini dibanderol seharga Rp 35 ribu per mangkuknya. Bakso 2 Nyonya juga menyediakan varian menu serba bakso lainnya. Ada bakso iga, bakso rawit jumbo, bakso bakar, hingga pentol pedas. Patut dicoba!

Alamat: Jalan Tanjung Duren Utara 4 No.457, Grogol petamburan, Jakarta Barat
Jam buka: 11.00-21.00 WIB

Dari rekomendasi bakso unik di atas, mana nih yang paling ingin kamu coba? Mumpung sedang musim hujan, jangan lupa untuk makan bakso enak. Sebenarnya, enggak sulit kok, mencari bakso enak. Terkadang, abang bakso yang lewat depan rumah pun, bisa jadi begitu sedap. Setuju?

Komentar kamu?