Melihat Langsung Pulau Maitara, Pulau yang Ada di Uang Seribuan

Pulau yang berada di wilayah Tidore Utara, Tidore Kepulauan, ini tak hanya cantik tapi memiliki sejarah yang unik

582 views
0

WartaWisata.ID – Lukisan alam Indonesia memang tak terbantahkan lagi keindahannya. Tak mengherankan jika banyak tempat-tempat indah di Indonesia yang diabadikan ke dalam pecahan mata uang Rupiah.

Tak percaya? Jika kamu masih menyimpan pecahan uang seribu rupiah lama, cobalah untuk melihat gambarnya. Ada pulau cantik yang jadi latarnya. Pulau Maitara namanya, kecil-kecil namun mempesona.

Pulau yang berada di wilayah Tidore Utara, Tidore Kepulauan, ini tak hanya cantik tapi memiliki sejarah yang unik yang membuatnya dicantumkan pada uang lembaran seribu rupiah.

Nama Maitara sendiri tidak terlepas dari perjalanan Bangsa Portugis ratusan tahun silam. Konon, ketika pertama melihat keindahan pulau ini, mereka langsung berteriak ‘Maihara’. Dalam bahasa Portugal artinya keindahan alam tiada tara yang dilihat secara langsung atau kasat mata.

Akan tetapi, beredar pula kisah menarik lainnya. Bagi masyarakat lokal, pulau ini memiliki kisah yang berbeda. Dahulu, hiduplah seorang penguasa di Tanjung Ngusu Lenge yang bernama Hamatara.

Hamatara merupakan sosok yang dipercaya sangat kuat karena tidak ada yang bisa melepaskan daerah kekuasaannya terhadap Pulau Maitara. Akan tetapi, seorang Putura Toloa bernama Tahisa berhasil mengusir Hamatara keluar dari pulau tersebut.

Pulau Maitara juga menjadi batas kesultanan yaitu Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore. Selain sejarahnya, Pulau Maitara juga punya lanskap yang menawan. Laut biru dengan perairan yang jernih membentang sepanjang mata memandang, sungguh menyejukkan mata.

Bahkan, sebelum kamu menuju ke pulau ini Pulau Maitara sudah tampak indah dari kejauhan. Kondisi alam di Pulau Maitara masih sangat bersih dan belum tercemar membuat udara di pulau ini begitu sejuk dan bersih, sehingga dijamin akan membuatmu betah ketika berada di sana.

Menjelang sore hari, pemandangan pulau ini terlihat semakin indah. Sebab, kamu dapat melihat pemandangan matahari terbenam di Pulau Maitara. Pancaran sinar yang terefleksi di air laut jadi suguhan yang amat menakjubkan!

Untuk menuju ke Pulau Maitara, bila kamu melakukan perjalanan dari Ternate, kamu bisa menggunakan transportasi laut yaitu speed boat kecil dengan kapasitas lima orang.

Harga sewa untuk satu speed boat pun cukup terjangkau mulai dari Rp 150 ribuan. Waktu tempuh dari Pulau Ternate ke Maitara hanya sekitar 15 menit saja.

Jika kamu mau berhenti untuk melihat keindahan pulau ini atau sekadar berfoto-foto, bisa singgah di sebuah dermaga yang langsung terhubung ke Pulau Maitara. Cukup membayar sekitar Rp 5 ribu untuk tiket singgahnya. Murah, bukan?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di pantai ini, selain bermain di pantai, kamu juga bisa menghabiskan waktu di pulau indah ini dengan kegiatan diving atau snorkeling. Tertarik berkunjung ke Pulau Maitara?

Komentar kamu?