Gunungkidul Masih Menjadi Destinasi Favorit Wisatawan

Pantai masih menjadi objek wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan selama musim libur Natal ini, disusul obyek wisata Goa dan air terjun.

399 views
0

WartaWisata.ID – Meski sudah memasuki musim penghujan, namun Gunungkidul masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan untuk dikunjungi. Pantai masih menjadi objek wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan selama musim libur Natal ini, disusul obyek wisata Goa dan air terjun.

Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat, sejak hari Sabtu (21/12/2019) lalu, setidaknya sudah ada 105.289 orang berkunjung ke sejumlah obyek wisata di Gunungkidul. Di mana 90 persennya merupakan pengunjung pantai. Kendati diserbu pengunjung, kondisi lalu lintas masih lancar.

Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Gunungkidul, Aris Sugiyantoro mengatakan, musim libur Natal dan Tahun Baru yang bersamaan dengan liburan anak sekolah memang membawa berkah tersendiri bagi industri pariwisata di Gunungkidul. Jumlah pengunjung di obyek wisata yang beretribusi resmi dari pemerintah dan tak beretribusi tetap banyak.

“105 ribu orang itu baru obyek wisata yang beretribusi, belum lagi yang desa wisata ataupun obyek wisata rintisan warga,”tuturnya, Rabu (25/12/2019).

Untuk mengatasi banyaknya wisatawan, pihaknya telah meminta pelaku wisata untuk melakukan antisipasi. Antisipasi tersebut diantaranya seperti untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung. Anggota Tim SAR disiagakan untuk menjamin keselamatan pengunjung dan pasukan kuning juga telah disiapkan untuk antisipasi sampah.

Awalnya Dinas Pariwisata Gunungkidul khawatir dengan kondisi selama musim liburan Natal dan tahun baru ini. Sebab biasanya antrian panjang selalu mewarnai di jalur-jalur wisata dan juga jalur utama Wonosari-Jogja. Namun kali ini, kemacetan belum banyak terjadi di wilayah Gunungkidul.

“Kita lakukan itu untuk kenyamanan pengunjung,”tambahnya.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuvyan menuturkan, untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan yang ada di Gunungkidul selama liburan kali ini, sejumlah rekayasa lalu lintas di lakukan. Selain wisatawan diimbau masuk melalui jalur alternatif Panggung dan Karangmojo selain jalur utama Jogja-Wonosari, polisi juga membuat skenario.

Di lampu APILL terutama jalan Wonosari-Jogja, pihaknya melakukan rekayasa dengan tidak memfungsikannya. Karena biasanya terjadi antrian panjang di lampu APILL perempatan dan pertigaan Gading, Playen. Rekayasa ini ternyata cukup efektif mengurangi antrian kendaraan baik dari Wonosari ataupun dari Kota Yogyakarta.

“Kalau di jalur menuju pantai, yang mau ke pantai lurus di pertigaan Mulo dan keluar melalui Tepus,”ujarnya

Komentar kamu?