Curug Balong Endah, Sebuah Wisata Pelepas Penat di Bogor

Pemandangan kolam air terjun nan jernih akan menyambut Anda saat tiba di Curug Balong Endah

1,836 views
0

WartaWisata.ID – Berada dekat Ibu Kota Jakarta, Bogor selalu jadi alternatif destinasi yang menawarkan keindahan alam untuk sejenak melepas penat. Beberapa opsinya berupa gunung, kebun teh, dan, yang sudah tak lagi asing, curug.

Adalah Curug Balong Endah, salah satu tujuan wisata air terjun yang bisa jadi pilihan untuk disambangi di Kota Hujan. Jika diartikan, Balong sendiri merupakan kolam dan Endah adalah indah.

Curug Balong Endah terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS), Desa Gunung Cipicung, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Anda bisa mengendarai motor atau mobil untuk sampai di lokasi tersebut.

Saat menunju lokasi, Anda harus menuju Curug Kondang terlebih dahulu, sebab letak Curug Balong Endah berada di sekitarnya. Dalam perjalanan, Anda akan melihat beberapa curug lain yang tidak kalah indah, sepeti Curug Ciherang, Curug Ngumpet 1, Curug Pangeran, dan Curug Goa Lumut.

Menyambangi wisata yang dibuka akhir Desember 2016 tersebut, Anda bisa menggunakan dua jalur, yaitu jalan setapak dan water tracking. Jika suka kegiatan yang ekstrem, water tracking bisa jadi pilihan. Tetapi, Anda harus tetap berhati-hati dengan medan yang cukup licin untuk dilewati.

Pemandangan kolam air terjun nan jernih akan menyambut Anda saat tiba di Curug Balong Endah. Dikelilingi pepohonan rimbun, udara di sini akan terasa sejuk dan asri, sangat cocok bagi Anda yang ingin menemukan ketenangan dan mengistirahatkan pikiran dari penat aktivitas sehari-hari.

Aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung ialah berenang atau sekadar berendam di beningnya kolam air terjun. Anda bisa membawa pelampung untuk bersantai.

Bagi yang tidak bisa berenang, jangan khawatir, sebab kolam tersebut hanya memiliki kedalaman 1,5 meter saja. Selain itu, dengan kualitas air yang jernih, Anda bisa berfoto dengan teknik underwater.

Menikmati keindahan alam tersebut, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp30 ribu–Rp50 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk ke kawasan TNGHS, curug, dan bayar parkir. Harga yang terbilang murah untuk wisata dengan keindahan nan meneduhkan. (Tri Ayu Lutfiani)

Komentar kamu?