Beberapa Surga Tersembunyi di Tulungagung

Jawa Timur ini memiliki keindahan pesoan alam yang menawan, mulai dari air terjun, pantai hingga curug

765 views
0

WartaWisata.ID – Mudik akhir tahun ke Tulungagung tentu adalah momen spesial yang dinanti oleh warga perantauan. Secara geografis kota mermer ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran jika salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memiliki keindahan pesoan alam yang menawan, mulai dari air terjun, pantai hingga curug.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat wisata alam yang direkomendasikan untuk traveler maupun warga setempat saat berlibur ke Tulungagung. Apa saja itu?

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang merupakan pantai yang memiliki tebing karang dan beberapa laguna yang berdiameter cukup besar. Air di laguna-laguna tersebut terlihat biru dan jernih, sehingga siapapun yang datang ke pantai ini pasti tak tahan untuk segera berenang di dalamnya.

Pantai yang terletak di Desa Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, ini memiliki akses sangat menantang. Untuk sampai ke laguna, traveler harus menuruni medan yang cukup curam dan berbahaya. Jadi perlu berhati-hati lagi. Untuk biaya masuknya, cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2 ribu untuk motor dan Rp. 5 ribu untuk mobil.

Air Terjun Alas Kadung

Air Terjun Alas Kandung terletak di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Air Terjun Alas Kandung ini memiliki 3 tingkatan ketinggian yang bervariasi. Paling tinggi di puncak air terjun memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Airnya yang terlihat kebiru-biruan akan menggoda untuk berenang di lokasi ini. Namun, perlu diketahui, kedalaman Air Terjun Alas Kandung ini lumayan dalam, yakni sekitar 4 – 8 meter, sehingga bagi yang tidak ahli renang, sebaiknya menahan diri untuk berendam di sini.

Obyek wisata ini ditempuh hanya 1 jam perjalanan dari pusat kota. Tapi, untuk sampai ke lokasi ini memang aksesnya cukup sulit karena banyaknya jalannya yang berkelok-kelok. Maka dari itu, bisa bertanya pada warga setempat.

Waduk Wonorejo

Bendungan atau waduk yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, KabupatenTulungagung, ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota Tulungagung.

Di lokasi ini bisa menikmati beragam fasilitas seperti area jogging, restoran, taman rekreasi keluarga, dan kenyamanan jalur transportasi menuju lokasi yang sangat layak untuk dilalui berbagai jenis kendaraan.

Berkunjung ke Waduk Wonorejo ini, cukup membayar retribusi seharga Rp 7 ribu/ orang (untuk hari biasa). Sedangkan untuk hari libur sebesar Rp. 1 ribu/ orang. Selepas melewati pintu masuk, perlu menempuh perjalanan sekitar satu kilometer untuk mencapai lokasi ini.

Gunung Budheg

Gunung Budheg atau biasa dikenal dengan nama Gunung Cikrak ini adalah salah satu gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 585 mdpl. Letaknya berada di Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

Gunung Budeg ini bisa menjadi lokasi atau tempat untuk latihan bagi para pendaki pemula untuk melakukan pemanasan. Jalur yang harus dilalui untuk sampai ke puncak berupa jalanan yang menanjak melewati semak berduri dan diselingi dengan merayap di pinggiran tebing yang cukup curam.

Namun, perjalanan yang cukup melelahkan itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang bisa kamu dapatkan dari puncak Gunung Budeg ini. Disarankan bangun lebih pagi untuk bisa menikmati sunrise di puncak bukit ini.

Komentar kamu?