Bersantai Melepas Sore di Pantai Tanjung Siambang Dompak

Sebagai pantai yang berada di pusat kota, Pantai Tanjung Siambang Dompak menjadi ruang publik, tempat warga bersantai melepas sore.

1,483 views
0

WartaWisata.ID – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terkenal dengan destinasi pantainya. Namun, banyak yang berada di pelosok daerah.

Tetapi tidak dengan pantai yang satu ini. Namanya Pantai Tanjung Siambang Dompak, pantai tersebut berada di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

Sebagai pantai yang berada di pusat kota, Pantai Tanjung Siambang Dompak menjadi ruang publik, tempat warga bersantai melepas sore. Wisatawan yang mengunjungi Kepri juga kerap menyinggahinya.

Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang dengan Pohon kelapa tumbuh tinggi di sepanjang pantai. Angin sepoi-sepoi membelai warga yang bersantai di sepanjang pantai.

Di bagian pintu masuk pantai terdapat dermaga yang menjorok jauh ke tengah laut. Di ujung dermaga terdapat pondok kecil. Pondok itu dijadikan spot berfoto ria. Ada juga yang bersantai di sepanjang dermaga.

Saat senja menampakan diri. Sinarnya tampak membelah laut yang membentang. Air pun mulai pasang. Tetapi anak-anak itu tidak peduli, mereka terus bermain ombak yang landai itu.

Pantai Tanjung Siambang Dompak berlokasi di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Pulau itu dirancang sebagai pusat pemerintahan. Tidak banyak yang mengetahui adanya pantai indah di pulau yang jadi pusat pemerintahan Kepri itu.

Pantai itu berada di belakang kantor Gubernur Kepri, tepatnya tidak jauh dari kantor baru Satpol-PP. Jika dari pusat kota hanya butuh 20 menit menuju kawasan tersebut. Akses jalan cukup bagus.

Sebelum sampai di sana, pengunjung melintasi jembatan dompak yang menghubungkan Pulau Bintan (Kota Tanjungpinang) dan Pulau Dompak. Awalnya bila bertandang ke Dompak, pengunjung harus menggunakan perahu. Kini, Bintan dan Dompak telah terhubung dengan jembatan, yang memudahkan warga mengaksesnya.

Sesampai di Pulau Dompak, terdapat Masjid Raya Dompak. Masjid itu juga beredekatan dengan Pantai Siambang, yang ramai dikunjungi ketika Sabtu dan Minggu. Tak ada tiket masuk, namun pengunjung dikenai jasa parkir Rp2.000 per motor, dan Rp4.000 per mobil.

Selain itu, sepanjang pantai terdapat pondok yang menjadi tempat bersantai. Satu pondok disewakan Rp40.000 dengan durasi sepuasnya.

Pantai Tanjung Siambang, menyediakan beberapa fasilitas selain pondok tempat bersantai, tempat ini juga dilengkapi dengan kamar mandi bilas, warung makan dan lainnya.

Kawasan ini cocok dijadikan tempat berwisata yang tidak membutuhkan persiapan matang, pasalnya berada di dekat permukiman. Apalagi tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Bagi penikmat kuliner di Pantai Siambang juga terdapat seafood, es kelapa muda, kerupuk kuah, mie rebus dan lainnya. Pantai Tanjung Siambang, disebut-sebut warga sebagai salah satu dari ratusan pantai yang indah di Provinsi Kepri.

Komentar kamu?