Pameran Instalasi Seni Lucid Dream di Surabaya

Kali ini mengangkat LUME sebagai temanya. LUME sendiri berasal dari kata lumination atau pencahayaan.

1,442 views
0

WartaWisata.ID – Kabar gembira buat para pencinta seni di Surabaya. Pasalnya, pameran instalasi seni bertajuk Lucid Dream kembali hadir. Kali ini mengangkat LUME sebagai temanya. LUME sendiri berasal dari kata lumination atau pencahayaan.

Mereka berfokus pada pameran seni media yang dipadukan audio visual, video mapping, lighting installation, dan lain-lain. Setiap pengunjung akan dibawa ke dalam ruangan yang total black out dengan berbagai instalasi seni dan teknologi permainan efek cahaya.

Instalasi seni ini turut menggandeng beberapa komunitas lokal Surabaya. Di antaranya Serbuk Kayu, Waft Lab, sama LZY Visual. Nah, kali ini kita berkesempatan melihat lebih konsep dan bentuk LUME ini secara mendalam. Seperti apa keseruannya? Simak potretnya di bawah ini!

Instalasi seni LUME berada di Pakuwon Mall, Lantai 2M, Surabaya. Pameran ini buka mulai 20 Desember 2019 hingga 01 Maret 2020. Dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 dengan harga tiket Rp65 ribu (weekdays) dan Rp85 ribu (weekend)

Ada delapan ruangan dengan konsep berbeda, menceritakan mimpi tokoh Luna. Semua ruangan sangat berhubungan, bakal ada benang merahnya di akhir nanti. Di ruangan Rave Jungle, ada tiga satwa Indonesia yang mulai langka, yakni orang utan, komodo, dan macan. Semua terbuat dari botol plastik

Selanjutnya, kamu bakal melihat patung astronot raksasa di ruangan Apollo. Pakailah baju berwarna putih, kamu akan lebih bercahaya di ruangan ini. Permainan lampu di sini akan membuatmu terpukau, seperti di ruangan Big Blue Sky Collapse yang dipenuhi kaca dan beratapkan awan mendung dan petir dari kapas

Ruang Polaroid menceritakan Luna sedang berada di masa saat kamera polaroid ditemukan, banyak pula lampu-lampu neon bak matahari. Ruang Arcade akan membawamu bernostalgia dengan beberapa permainan tahun 1980-an. Ada Pac-Man, Super Mario, dan Tetris

Terdapat lampu dengan penutup di tengah ruangan, sehingga memantulkan motif-motif indah pada dinding. Ruang ini mengusung konsep lampu sweet lullaby. Salah satu ruangan paling favorit adalah Cyber Punk, kamu bakal diajak Luna pergi ke tahun 2077. Ruangan ini tidak terlalu gelap seperti lainnya, bahkan ada banyak lampu neon

Uniknya, ruangan Cyber Punk dibentuk seperti bilik kamar mandi, lengkap dengan wastafel dan klosetnya. Kamu bisa mencoret-coret dindingnya dengan stabilo, lho! Begini spot unik di loket penjualan tiket, kamu bisa mendapatkan foto cantik dengan pantulan sinar-sinar seperti ini, keren banget!

Saat bermain di instalasi seni LUME by Lucid Dream ini, ada beberapa peraturan yang wajib kamu patuhi. Di antaranya tidak boleh membawa makanan dan minuman, tidak boleh menggunakan flash kamera, dilarang bersandar pada properti, tidak boleh berlari atau melompat, hingga dilarang berputar balik ketika sudah berada di dalam.

Instalasi seni ini sangat ramah pengunjung, termasuk untuk keluarga sekali pun. Anak berusia tujuh tahun diperbolehkan masuk, dengan syarat ada orang tua yang menemani. Nah, anak-anak di bawah dua tahun bisa masuk secara gratis.

Itulah beberapa potret kece instalasi seni LUME by Lucid Dream di Surabaya. Siapkan kamera dan outfit terbaikmu, ya!

Komentar kamu?