7 Spot Paling Baik Untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Puncak Gerhana Matahari Cincin ini juga berbeda-beda di setiap daerah. Di Indonesia, daerah yang mengalami waktu puncak gerhana paling awal adalah Sabang

1,764 views
0

WartaWisata.ID – Sekitar sembilan hari lagi atau tepatnya pada 26 Desember 2019, Gerhana Matahari Cincin akan melintasi wilayah Indonesia. Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB.

Waktu mulai Gerhana Matahari Cincin paling awal terjadi di Sabang, Aceh, pada pukul 10.03 WIB. Sementara kota yang waktu mulai gerhana paling terakhir adalah Merauke, Papua, pada pukul 14.37 WIT.

Puncak Gerhana Matahari Cincin ini juga berbeda-beda di setiap daerah. Di Indonesia, daerah yang mengalami waktu puncak gerhana paling awal adalah Sabang yang terjadi pada pukul 11.49 WIB. Adapun kota yang mengalami waktu puncak gerhana paling terakhir adalah Jayapura, sekitar pukul 15.51 WIT.

Nah, buat kamu yang ingin berburu momen langka ini, nampaknya harus ada usaha lebih, khususnya bagi kamu yang tidak tinggal di wilayah Indonesia bagian barat. Sebab, tidak semua wilayah di Indonesia bisa menikmati kemewahan fenomena alam ini. Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hanya ada sejumlah kota atau kabupaten di beberapa provinsi di Indonesia yang bakal dilintasi Gerhana Matahari Cincin.

Lalu provinsi mana saja yang menjadi lokasi spesial untuk menyaksikan fenomena langka ini? Berikut beberapa wilayah yang warganya beruntung bisa melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin 26 Desember nanti.

Aceh

Gerhana Matahari Cincin bisa dinikmati di Sinabang dan Singkil. Periode Gerhana Matahari Cincin di kedua wilayah tersebut dapat diamati mulai pukul 11.53 WIB hingga 12.01 WIB.

Sumatra Utara

Di Provinsi ini, Gerhana Matahari Cincin akan melintasi daerah Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan. Periode Gerhana Matahari Cincin akan berlangsung mulai pukul 12.02 WIB hingga 12.09 WIB.

Riau

DI Riau, kamu bisa melihat gerhana matahari di daerah Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, dan Selat Panjang. Durasi Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan berlangsung mulai pukul 12.09 WIB hingga 12.21 WIB.

Kepulauan Riau

Tak hanya Riau, Kepulauan Riau juga disinyalir akan dilintasi fenomena alam ini. Kamu bisa menyaksikannya di daerah Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan. Prediksi terjadinya Gerhana Matahari Cincin berlangsung mulai pukul 12.24 WIB hingga 12.27 WIB.

Kalimantan Barat

Masyarakat Kalimantan boleh bersenang hati sebab gerhana matahari akan melintas di daerah Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, dan Putussibau. Momen berlangsungnya Gerhana Matahari Cincin diprediksi mulai dari pukul 12.42 WIB hingga 12.57 WIB.

Kalimantan Timur

Tak hanya Kalbar, Provinsi Kalimantan Timur juga diprediksi bisa menyaksikan gerhana matahari tepatnya di daerah Tanjungredep. Gerhana Matahari Cincin diprediksi berlangsung mulai pukul 13.09 WITA hingga 13.12 WITA.

Kalimantan Utara

Terakhir, bagi kamu yang tinggal di Kalimantan Utara, fenomena ini juga bisa kamu saksikan di daerah Tanjungselor. Periode Gerhana Matahari Cincin berlangsung mulai pukul 13.09 WITA hingga 13.11 WITA.

Komentar kamu?