Kisah Dibalik Cantiknya Jembatan Siti Nurbaya di Sumatera Barat

Berdasakan cerita masyarakat Padang, jembatan Siti Nurbaya syarat dengan sejarah warga Minang.

598 views
0

WartaWisata.ID – Pastinya siapa saja pernah mendengar kisah cerita rakyat Siti Nurbaya. Di Padang nama tersebut digunakan untuk jembatan yang saling berkaitan dengan ceritanya.

Berdasakan cerita masyarakat Padang, jembatan Siti Nurbaya syarat dengan sejarah warga Minang. Untuk panjang badan jembatan mencapai 100 meter dengan total dari kaki jembatan di Jalan Nipan sampai dengan jalan Batang Arau memiliki panjang 600 meter.

Kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya dihubungi jembatan tersebut. Taman Siti Nurbaya konon katanya adalah makam wanita dalam cerita rakyat itu.

Nama Jembatan Siti Nurbaya muncul karena jalan penghubung tersebut, menghubungkan kota tua Padang dengan kaki di Nerok Nipah Gunung Padang di seberangnya.

Menurut cerita rakyat, gunung Padang adalah bukit di tepi pantai tempat Siti Nurbaya bertemu dengan pasangannya Samsul Bahri. Bahkan di tempat itulah keduanya dimakamkan.

Terlepas dari cerita tersebut, Jembatan Siti Nurbabaya biasa menjadi lokasi favorit kawula muda di kota penghasil rendang tersebut. Sebab, menjadi spot menarik untuk melihat matahari terbenam dengan ditemani para pedagang yang menjual kuliner khas. Sedangkan di sekitar lokasi jembatan pun terdapat gedung-gedung bersejarah peninggalan Belanda.

Komentar kamu?