Melihat Batuan Karst Secara Langsung di Museum Karst Wonogiri

erletak di Kawasan Eco-Karst kita bisa melihat secara langsung batuan Karst yang berada diluar museum maupun di dalam museum.

576 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dikenal sebagai kawasan Karst terbesar di pulau Jawa. Di daerah inilah berdiri sebuah Museum Karst yang dibangun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada 2008 lalu.

Menariknya, selain sebagai tujuan wisata edukasi, Museum Karst dan Global Gunung Sewu Geopark merupakan satu satunya museum karst terbesar di Asia Tenggara.

Lokasi Museum Karst Indonesia ini terletak di desa Gebangrejo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Museum Karst Indonesia bisa menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Solo menggunakan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan umum aksesnya sangat terbatas.

Terletak di Kawasan Eco-Karst kita bisa melihat secara langsung batuan Karst yang berada diluar museum maupun di dalam museum. Di luar museum kita bisa belajar karst mengenai pegunungan seribu, terlebih dengan suasana outdoor, sehingga suasana lebih menyenangkan.

Di sini kita bisa melihat berbagai macam karst yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, seperti karst Ciampea, Ciseeng, Gudawang, Gunung Sewu, Maros-Pangkep, Gombong, Sangkulirang-Tanjung Mangkaliat-Tapin, Wawolesea, Padang, Muna, hingga karst Papua yang dikemas dalam bentuk foto, diorama, dan maket.

Museum karst yang terdiri dari 3 lantai itu menyimpan beberapa koleksi lainnya, pertama yang terletak di lantai satu, kita akan diajak melihat berbagai koleksi mengenai karst untuk kehidupan.

Lantai ini berisi tentang konservasi dan pengelolaan kawasan karst berupa macam flora dan fauna yang hidup di karst dan sebagainya. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat maket dan diorama mengenai karst. Intinya, semua tentang karst yang berkaitan dengan kehidupan manusia, flora dan fauna.

Sedangkan di lantai 2 merupakan ruang yang bertemakan karst untuk pengetahuan. Di sini kita bisa belajar dan mengenal karst lebih dekat. Tentunya, ini sangat bermanfaat bagi peningkatan edukasi tentang karst di Indonesia. Di sini terdapat peta, diorama dan maket mengenai sebaran bentuk-bentuk karst di dunia secara detail

Di lantai paling atas terdapat sebuah auditorium yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti rapat, presentasi, maupun pemutaran film tentang Karst. Sangat lengkap bukan? Tak heran kalau museum Karst di Wonogiri ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Komentar kamu?