Bekas Penjajahan Belanda, Bendungan Margo Tirto Sekarang Jadi Objek Wisata

Pengunjung bisa berenang di lokasi yang sudah disiapkan dan bermain sepeda ayun mengelilingi bendungan ataupun bersantai dengan ban

963 views
0

WartaWisata.ID – Bangunan bekas penjajahan kolonial Belanda masih nampak terawat di Indonesia. Salah satunya Bendungan Margo Tirto di Lampung yang kini menjadi objek wisata.

Bendungan Margo Tirto berdiri sejak tahun 1930 silam. Dahulu pada zaman kolonial Belanda menjadi benteng pertahanan yang cukup kuat di wilayah Lampung.

Seiring Kemerdekaan bangsa Indonesia membuat Belanda angkat kaki. Bendungan itu menjadi terbengkalai begitu saja seperti bangunan tua tak terurus.

Kondisi tersebut membuat sekitar lokasi ditumbuhi pepohonan dan beberapa sisi bangunan sudah rusak. Karena itu pemerintah pun berupaya mengembalikan kemegahan bendungan tersebut kembali.

Tepat tahun 2014 pemerintah kabupaten Tanggamus bersama warga sekitar bahu-membahu memperbaiki Bendungan Margo Tirto. Tujuan untuk menjadi salah satu lokasi alternatif wisata.

Alhasil tujuan itu pun kini terwujud. Banyak wisatawan yang sengaja untuk berkunjung ke sana demi menikmati keindahan alam dan mencari kedamaian.

Unggulan di lokasi yang berada di Campang, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung adalah kejernihan airnya yang luar biasa. Sebab, wisatawan dapat melihat sampai ke dasar bendungan.

Misalnya dapat melihat ganggang yang hidup di dasar bendungan dengan warna hijau. Foto-foto di lokasi pun sempat viral di media sosial.

Tak hanya itu pengunjung bisa berenang di lokasi yang sudah disiapkan dan bermain sepeda ayun mengelilingi bendungan ataupun bersantai dengan ban. Untuk harga tiket masuk hanya dibandrop Rp 3.000 per orang. Cukup murah bukan.

Komentar kamu?