Menikmati Sunset di Tanjung Gelam Karimunjawa

Nama Pantai Tanjung Gelam diambil karena posisi pantai tersebut terletak di ujung (tanjung) dan merupakan lokasi strategis untuk menikmati matahari tenggelam (gelam), dari itulah muncul istilah Tanjung Gelam.

483 views
0

WartaWisata.ID – Pesona pulau Karimunjawa memang tiada habisnya, pulau yang secara administratif masuk kabupaten Karimunjawa tersebut mempunyai salah satu spot yang menjadi tempat favorit para turis mancanegara dan wisatawan domestik, dan biasanya sudah menjadi satu itinerary paket pariwisata Karimunjawa, yaitu Pantai Tanjung Gelam.

Pantai Tanjung Gelam merupakan tempat terbaik di Karimunjawa untuk berburu sunset, atau matahari tenggelam. Lokasinya yang berada di ujung barat laut dari pulau Karimunjawa tersebut menawarkan keindahan panorama serta pasir putih, hingga keindahan matahari di kala senja datang dan mulai menghilang.

Keunikan dari Pantai Tanjung Gelam berada di pulau utama Karimunjawa, berbentuk tanjung dengan daratan yang menjorok ke laut. Dengan pasir putih bersih dan pepohonan nyiur yang berjajar rapi di bibir pantai, bahkan beberapa pohon nyiur atau kelapa terus berbentuk unik dan sebagian miring menjorok ke pantai, sehingga bisa menjadi spot foto yang bisa dikatakan sangat instagramable.

Nama Pantai Tanjung Gelam diambil karena posisi pantai tersebut terletak di ujung (tanjung) dan merupakan lokasi strategis untuk menikmati matahari tenggelam (gelam), dari itulah muncul istilah Tanjung Gelam.

Menurut informasi yang beredar asal usul nama Pantai Tanjung Gelam diambil dari posisinya yang berada di ujung Karimunjawa. Lokasi ini menjadi tempat yang paling strategis untuk menikmati matahari tenggelam. Dari sinilah kemudian muncul istilah Tanjung Gelam.

Menuju Tanjung Gelam

Untuk dapat menuju ke Tanjung Gelam, bisa diakses dari dua jalur yang berbeda, pertama adalah jalur laut. Jalur laut biasanya sudah satu paket dengan operator wisata yang ada di Karimunjawa.

Bersama paket tour laut di hari pertama, kita biasanya dari pelabuhan akan diajak snorkeling terlebih di kawasan lepas pantai Karimunjawa, setelah sore hari tiba, dengan menggunakan perahu baru menuju ke pantai Tanjung Gelam. Perahu tersebut akan bersandar di perairan Tanjung Gelam.

Sedangkan untuk jalur darat, bagi yang sudah berada di pusat kota kecamatan Karimunjawa bisa menyewa motor, di sini bisa melakukan perjalanan dari pusat kota Karimun ke arah bandara Dewandaru, kurang lebih 4 kilometer dari pusat kota, akan ada petunjuk arah menuju Pantai Tanjung Gelam, aksesnya cukup mudah, karena hanya ada satu jalan yang menuju ke pantai tersebut.

Di pantai yang berpasir putih dan air laut berwarna hijau kebiruan ini, kita bisa menikmati beberapa spot menarik diantaranya adalah berfoto di ayunan pohon kelapa, pohon kelapa yang miring, berfoto di atas karang, berjemur sambil menunggu matahari tenggelam dan menikmati pesona serta eksotisme pantai Tanjung Gelam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa juga sudah lumayan, beberapa warung menyediakan makanan ringan, seperti gorengan, mie instan, kopi, teh, hingga kelapa muda. Beberapa warung juga sudah didesain modern dan dibuat seperti beach club sederhana seperti di Bali, biasanya tempat seperti ini yang dicari para turis mancanegara.

Komentar kamu?