Pergi ke Raja Ampat Mini di Ulu Kasok Riau

Yang belum berkesempatan ke Raja Ampat, jangan galau dulu. Kamu bisa main ke Koto Kampar, Riau. Tempat ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat mini.

619 views
0

WartaWisata.ID – Nama Raja Ampat Papua Barat sudah mendunia. Destinasinya menjadi salah primadona wisata di Indonesia. Yang belum berkesempatan ke Raja Ampat, jangan galau dulu. Kamu bisa main ke Koto Kampar, Riau. Tempat ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat mini.

Tempat yang mirip Raja Ampat ini bernama Ulu Kasok. Destinasinya berada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Jika dari Pekanbaru jaraknya 90 Km atau 2,5 jam perjalanan.

Sebutan Raja Ampat mini tidak sekedar ucapan pemanis bibir . Sejumlah spot di Ulu Kasok menjadikan kamu seolah berfoto di Pianemo, salah satu tempat spot ikonik di Raja Ampat.

Di Ulu Kasok tidak ada lautan seperti di Raja Ampat. Lokasi itu hanya sebuah danau yang menjadi sumber PLTA kota Panjang. Namun, deretan pulau-pulau kecil yang ada di tengah danau menggambarkan seolah-olah berada di Raja Ampat.

Tadinya, pulau-pulau tersebut adalah permukiman penduduk. Namun, tahun 1991 memaksa warga untuk meninggalkan karena proyek PLTA.

Otomatis permukiman penduduk dan bukit-bukit di sekitarnya ditenggelamkan. Namun, beberapa bukit masih menampakkan dirinya di atas permukaan air danau menjadi seperti pulau-pulau.

Itulah yang membuat terciptanya pemandangan yang menyerupai di Pianemo, Papua. Ulu Kasok menawarkan tiga spot wisata. Yakni, wisata pulau, air terjun dan puncak Ulu Kesok.

Untuk menuju puncak Ulu Kesok yang menjadi tujuan utama untuk berswafoto. Terlebih dahulu wajib mendaki sejauh 500 meter.

Pastinya akan menguras tenaga dan keringat. Tenang saja perjuangan tersebut pun akan terbayar lunas dengan pemandangan yang diberikan.

Namun, bagi wisatawan yang tidak bisa berjalan jauh, ada alternatif lain. Yaitu dengan jasa antar jemput ojek setempat.

Sementara, untuk tiket masuk pun sangat terbilang murah. Karena dibandrol hanya Rp 10 ribu dan jika ingin berkeliling pulau dikenakan biaya Rp. 15 ribu dengan kapal yang siap mengantar wisatawan.

Komentar kamu?