Luar Biasa, Mewahnya Kereta Wisata Jawa

Perjalananmu menggunakan kereta wisata akan semakin nyaman sebab di dalamnya terdapat empat orang petugas yang terdiri dari trip leader, pramugara, pramugari dan cleaning service yang siap membantumu jika kamu membutuhkan pertolongan.

141 views
0

WartaWisata.ID – Saat ini traveling ke suatu destinasi wisata semakin mudah dan nyaman berkat banyaknya pilihan moda transportasi. Seperti alternatif moda transportasi kereta wisata yang kami naiki bersama Agoda Indonesia dengan rute Jakarta-Bandung, Selasa (26/11).

Kami bertolak dari stasiun Gambir menuju stasiun Bandung dengan menggunakan kereta wisata tipe Jawa. Sesuai dengan namanya, saat memasuki gerbong kereta wisata, kami dapat langsung melihat desain dan pernak-pernik yang menonjolkan ciri khas budaya Jawa.

Menariknya dari kereta wisata tipe Jawa ini adalah fasilitas di dalamnya yang terbilang mewah. Hal ini terlihat dengan adanya sofa berukuran cukup besar berjumlah empat buah yang ada di sebelah kanan dan kiri gerbong, serta meja kecil berisi aneka makanan ringan.

Bukan hanya itu saja, di kereta wisata tersedia pula meja mesin karaoke yang siap digunakan untuk mengiringi perjalanan, mini bar, kamar tidur untuk dua orang, ruang bagasi dan kamar mandi. Tak ketinggalan, di dalamnya ada juga meja berukuran panjang yang bisa digunakan sebagai meja meeting atau makan.

Sementara itu, umumnya fasilitas di kereta eksekutif biasa hanya terdapat stop kontak listrik di setiap bangku, TV, serta kursi model reclining yang memungkinkan penumpang untuk mengatur kemiringan kursi.

Perjalananmu menggunakan kereta wisata akan semakin nyaman sebab di dalamnya terdapat empat orang petugas yang terdiri dari trip leader, pramugara, pramugari dan cleaning service yang siap membantumu jika kamu membutuhkan pertolongan.

Bicara kapasitas, satu kereta (gerbong) wisata tipe Jawa ini bisa memuat sampai 20 orang sehingga cocok untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari tamasya bersama keluarga besar, hingga acara kantor.

Untuk dapat menikmati seluruh fasilitas yang telah kami tuliskan di atas, kamu harus bersiap merogoh kocek yang cukup dalam. Sebab untuk menyewa satu gerbong kereta wisata biaya yang dikeluarkan mencapai puluhan juta rupiah.

“Kita kisarannya untuk Bandung-Gambir yang jarak pendek kita di Rp 19 juta sampai Rp 21 juta (sekali jalan). Tapi kalau jarak jauh, kisarannya dari Rp 20 juta sampai Rp 40 juta. All in (dengan makanan),” kata Meilany N. Marwah, trip leader dari PT Kereta Api Pariwisata.

Menurut pantauan kami pada laman resmi kereta wisata, selain jarak tempuh, harga sewa kereta wisata turut dipengaruhi waktu keberangkatan. Sebagai contoh untuk perjalanan jarak pendek seperti Jakarta-Bandung harga sewanya sekitar Rp 19 juta untuk weekday.

Sedangkan untuk weekend sekitar Rp 21 juta. Harga tersebut juga sudah mencakup biaya konsumsi. Untuk jarak dekat, telah disediakan air kemasan, minuman hangat, snack atau rebusan. Kemudian tersedia pula buffet untuk perjalanan jarak jauh dan menengah.

Lebih lanjut, selain kereta tipe Jawa, tersedia beberapa tipe kereta wisata lainnya seperti Nusantara, Toraja, Bali, Sumatera, serta Priority dan Imperial.

Sedikit tips bagi kamu yang ingin memesan kereta wisata ini, Meilany menyarankan untuk memesan seminggu atau dua minggu sebelum keberangkatan.

“Tapi kalau high season kayak sekarang, bulan Desember, Januari, Lebaran itu minimal satu bulan sebelum keberangkatan,” tutupnya.

Komentar kamu?