Pameran Pariwisata Halal 2019, apa saja yang di “Halal” in ?

Jakarta_Tourism kalau sedang ada acara Pameran Pariwisata Halal 2019 di JCC Hall B sejak tanggal 21 - 24 November 2019

133 views
0

CERITAMU – Dapat informasi dari Sosial Media Instagram Jakarta_Tourism kalau sedang ada acara Pameran Pariwisata Halal 2019 di JCC Hall B sejak tanggal 21 – 24 November 2019, sebenarnya rencana di Hari sabtu sudah diniatkan untuk jalan kesana, namun apa daya disela-sela aktifitas yang lumayan padat, baru di hari terakhir acara bisa kesana.

Memang sangat penasaran sekali dengan kegiatan Pariwisata Halal di Indonesia ini, dikarenakan Trend Halal Turism menjadi salah satu permintaan pasar dunia untuk wisatawan Muslim yang ingin berkunjung ke suatu negara, Definisi “Halal” bukanlah suatu pelabelan Islamisasi Wisata ataupun komersialisasi sertifikat Halal, namun karena adanya permintaan dari pasar, dimana bisa saja didalam pariwisata halal ini, ketika melakukan tour bukan hanya saja makanan-makanan halal nya yang difasilitasi namun juga fasilitas penunjang bagi para traveller muslim dalam beribadah (seperti disediakan tempat untuk Sholat diberbagai tempat, adanya arah kiblat di Kamar Hotel, Pelayanan ketika Bulan Ramadhan,dll), apakah para wisatawan non muslim tidak bisa menikmatinya ? tentu saja bisa, karena tidak ada border/penghalang untuk para wisatawan non muslim untuk mengikut berbagai wisata halal ini.

Karena sedang ada project juga di hari minggu ini, maka rencananya adalah kunjungan singkat ke Jakarta Convention Centre kali ini (pake istilah kunjungan segala, sudah kaya “Pejabat” aja, hehehe), target 2 jam sudah menjelajah ke semua stand untuk mendapatkan informasi terkait keseluruhan peserta di acara Pariwisata Halal 2019 kali ini.

tanpa babibu, pesen ojek online, langsung On The Go ke JCC, setiba disana saya merasakan tempatnya kok tidak seramai yang saya kira, mungkin dikarenakan sudah dihari terakhir, ditambah pula jam 2 siang kesananya, entah memang karena hal tersebut, entah dikarenakan memang sudah memasuki tanggal tua dibulan November ini, jadi pengunjung tidak terlalu ramai menurut saya.

Jumlah standnya pun tidak terlalu banyak, sangking sedikitnya Saya sampai salah masuk ke Lokasi Pameran Indonesia property Expo yang lokasinya memang kebetulan di Hall B dan A, berdampingan dengan Pameran Wisata Halal. Sempat kaget ketika masuk malah ditawarin perumahan-perumahan “Murah” yang lokasi rumahnya pun saya tidak tahu ada dimana lokasinya itu. Ternyata oh ternyata, khusus untuk Makanan Halal lokasinya di luar gedung (Outdoor, tidak didalam), pantesan sepertinya terlihat sedikit stand yang ada.

Selidik punya selidik, apa saja yang terdapat didalam acara ini, yuk kita singkat saja beberapa diantaranya :

1. Halal Tourism

Dihalal Tourism ini dihadiri oleh beberapa peserta tour operator yang terdapat di Indonesia, umumnya paket-paket yang diinformasikan olehnya adalah Umroh dan wisata Religi ke Luar Negeri, ada juga beberapa yang mengadakan paket wisata Halal Jakarta yang ditujukan ke beberapa tempat seperti Wisata ke Masjid Agung Sunda kelapa, Masjid Istiqlal, Perkampungan Arab Krukut, Masjid Fatahilal Tanah Abang serta lokasi berbelanja Muslim Fashion dan berwisata Kuliner Nasi Kebuli Abu Salim Condet (Ini lumayan oke Neh, kebetulan Abu Salim deket sama Rumah di Condet, hehehe). Beberapa Tour Operator yang sudah lama eksis dipaket-paket Umroh ikut di Acara Pariwisata Halal ini, seperti Dream Tour, Insta Tour, Rabbani Tour, dll.

Oh iya buat yang berniat berwisata Religi di berbagai daerah seperti Destinasi Wisata Wali Limo, Wali Songo juga sepertinya akan menarik untuk dikunjungi. Sudah banyak cara untuk bisa mendapatkan paket-paket wisata ini, baik dengan cara melihat Website travelling terpercaya Indonesia maupun mencari tahu via media Online

2. Financial Banking

Ya, banyak juga Stand yang berusaha mempromosikan Program Tabungan Syariah ataupun Asuransi Syariah dan berbagai model keuangan lainnya (Wakaf, Investasi, dll), beberapa yang saya lihat diantaranya AIA Financial Syariah, Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Zurich Insurance, Bank DKI Syariah dan lain-lain)

3. Edukasi

Disini saya melihat, meskipun secara selintas program-program pendidikan dengan Nuansa Islami berada di Stand Azhari Islamic School Rasuna, Madina Islamic School dan Univ. Muhammadiyah Prof. DR.Hamka. Ada 3 stand yang membawakan konsep pendidikan, ingin sepertinya memasukkan kedua anak saya ke tempat-tempat pendidikan seperti itu, saat ini anak pertama dimasukkan juga kesekolahan Madrasah Ibtidaiyah yang dekat rumah, mungkin nanti kalau “Kantong” jauh lebih banyak bisa dimasukin ke salah satu Sekolahan yang buka Stand di pariwisata Halal ini, Amin.

4. Halal Culinary

Nah yang ini agak terlewat saya, ternyata lokasinya ada diluar ruangan, lumayan banyak jumlah pesertanya, ada berbagai macam makanan yang sepertinya menggugah selesa untuk dicicipi, sayang pas kesana perut dalam kondisi kenyang karena sebelum berangkat sudah makan dahulu, kan ga enak kalau perut sudah penuh mau dipaksakan untuk makan juga (ingat sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga udara), yah jadi dilewatin saja sambil dilihat-lihat. Hal yang menarik dari sebagian besar Stand yang ada, mereka memajang Sertifikat Halal nya untuk bisa dilihat oleh para pengunjung (Mohon dimengerti ini sertifikat bukanlah hal yang sama dengan informasi yang saat ini sedang ramai disalah satu gerai bak*** T**), sertifikat ini sepertinya membuktikan bahwa mereka benar-benar memperhatikan segala macam aspek dalam penyediaan makanan yang disajikan agar benar-benar tersajikan dengan cara yang Islami dan tentu saja bisa dikonsumsi oleh siapa saja.

Para penjualnya pun ramah-ramah, murah senyum, beberapa penjual bahkan menawarkan saya untuk mencicipi makanan yang dibuat olehnya. Ada berbagai macam menu, seperti ramen, nasi kebuli, kebab, pempek, Bakso dan lain-lain. Total yang ada kurang lebih terdapat 39 Stand peserta halal culinary yang ikut didalam acara Pariwisata Halal ini. Hal yang menarik saya lihat adalah beberapa Stand memajang Banner OKE OCE, yang sepertinya usaha mereka ikut berkembang lewat OKE OCE ini.

5. Fashion

Muslim Fashion sepertinya tetap akan menjadi primadona setelah Food Tour bila kita bisa memberikan program-program tour berbelanja murah ke lokasi-lokasi yang memang menjual berbagai macam Fashion dengan harga terjangkau di beberapa Lokasi, salah satunya adalah Tanah Abang. di Acara Pariwisata Halal ini terdapat beberapa Stand menyajikan berbagai Pakaian Muslimah (Fashion umumnya memang masih mendominasi untuk pakaian Muslimah, kalau cowo mah, pakai apa aja jadi.) mulai dari Jilbab, Dress, Kosmetikdll.

Sama seperti halnya Stand Kuliner di Stand Fashion ini saya menemukan beberapa Stand Banner OKE OCE juga terpampang dibeberapa Stand yang ada.

Itulah beberapa yang saya perhatikan ketika berkunjung ke Pameran tersebut, sebelum mau mengakhiri kegiatan saya di Acara Pameran Pariwisata Halal 2019 tersebut, saya melihat Stand Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pas di depan Pintu Masuk, Di Stand ini saya disambut dengan ramah oleh Petugas dan mendapatkan beberapa Buku mengenai “Enjoy Jakarta”, baik Destinasi Wisata Jakarta, Informasi Kuliner, Panduan Lengkap Wisata Jakarta hingga Calendar of Events Jakarta 2020.

Semoga saja acara Pameran Pariwisata di DKI Jakarta bisa menjadi Lebih Menarik dari tahun ketahun dengan menghadirkan berbagai jenis segmentasi Pasar Wisatanya.

Kuy cari Trip Murah melalui Pandu Asia

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar kamu?