Wisata Religi, 4 Fakta Yang Ada di Mesjid Kapal Semarang

Masjid ini bentuknya sungguh unik karena bangunannya mirip seperti kapal kayu.

115 views
0

WartaWisata.ID – Namanya Masjid Safinatun Najah. Tapi orang-orang menyebutnya Masjid Kapal Semarang karena bentuknya yang bagaikan kapal.

Masjid ini bentuknya sungguh unik karena bangunannya mirip seperti kapal kayu. Lokasinya berada di Desa Dadakan, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Berikut fakta Masjid Kapal Semarang, yang di rangkum WartaWisata.ID dari berbagai sumber :

Mirip Kapal Nabi Nuh

Masjid Kapal Semarang disebut mirip kapal Nabi Nuh. Banyak yang mengatakan bentuk bangunan seperti kapal karena menyesuaikan dengan nama yayasan yaitu Safinatun Najah yang merupakan kapal penyelamat. Hasil perundingan pihak yayasan pun setuju desain dibuat berbentuk kapal dan dibangun di kawasan tersebut karena harga tanah cukup murah.

Dibangun di Atas Tanah Seluas 4 Ribu M2

Masjid dibangun di atas tanah seluas 4.000 m2. Temboknya dilukis manual dengan tekstur kayu. Di atas dek kapal kayu ada bangunan bercat putih.

Berlantai 3

Bangunan terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama untuk aula, tempat wudu, dan toilet. Lantai 2 merupakan masjid tempat sholat, sedangkan lantai 3 untuk perpustakaan. Bagian rooftop-nya ada kubah berwarna hijau. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan indah seperti sawah dan hutan yang membentang.

Akses ke Masjid

Akses menuju Masjid Kapal Semarang itu memang cukup jauh. Dari Bandara Internasional Ahmad Yani, jalan melewati Pantura ke arah Barat dan berbelok di pasar Jrakah menuju Ngaliyan.

Kemudian berbelok ke kanan tepat sebelum Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 A Semarang Kedungpane. Cukup menelusuri jalan sekitar 10 km dan jika mentok bertemu pertigaan, belok kiri menuju Jalan Kyai Padak.

Komentar kamu?