K@lima, Semangat Komunitas dalam membangun Tour Guide 4.0

Acara ini di isi oleh 2 Pembicara, 1 Orang dari Trainer Google (Seorang Dosen Juga), Miss Nurina yang membahas mengenai Digital Marketing dan Teknologi 4.0, dan Pembicara yang ke dua adalah Pendiri Wisata Kreatif Jakarta, Miss. Ira Latief membahas Kemampuan yang Harus di Miliki Tour Guide agar memiliki Nilai Tinggi di Era Digital.

265 views
0

CERITAMU – Sibuk dengan rutinitas di kantor untuk Urusan Project dengan beberapa web developer Luar sepertinya bisa rehat dahulu sejenak, selain karena memang harus dipending project-project tersebut, hari ini adalah jadwal saya mengajukan Cuti dari berbagai urusan kantor. Namun tetap saja ini Smartphone pasti berbunyi untuk berbagai macam hal “Approval” yang harus diselesaikan. Saya teringat ketika di Zaman proses Approval harus ada dikantor, waktu itu masih kerja di Pabrik sebagai Supervisor QA & Proses Enginer, saya bahkan harus datang ke Pabrik jam 3 Pagi untuk menyetujui hasil pengujian produk baru (disebutnya prototype) dan perlu stay 12 jam longshift setiap hari untuk berbagai urusan “Approve” (sampai dapat julukan Kuncen Pabrik waktu itu)

Sekarang sudah berbeda, sudah jamannya Electonic Document Management System, menyetujui sesuatu sudah dengan tombol-tombol di HP, Filling document sudah pakai “Cloud”, transfer data sudah tidak perlu bawa-bawa Flashdisk, karena ada si “Google Drive”, mau jalan-jalan tinggal cek website travelling, buka google maps, mau lihat review tempat bagus, tinggal buka tripadvisor, mau makan enak namun males jalan tinggal buka applikasi Online, ah semua serba mudah.

Jaman sudah mengalami pergeseran, bahkan harus diakui sudah terdapat peralihan Generasi, Saya yang termasuk Generasi Y atau biasa disebut generasi Milenial, sudah harus bisa dan belajar memahami Generasi Z, yang lebih serba bisa, berpikiran lebih terbuka, lebih individual, lebih global, lebih cepat terjun ke Dunia Kerja dan Lebih Berjiwa Wirausahawan, bahkan mau tidak mau akan hidup bersama Generasi Alpha, yang diprediksi menjadi generasi “KAUM TERDIDIK” yang lebih akrab dengan Dunia Teknologi (sudah ada 2 orang anak kecil Generasi Alpha di rumah, hehehe)

Ah ini kok cerita ngalur ngidul bahas Pergeseran Generasi, ayuk kita balik lagi ke Topik (kembali ke Laptop). Hari ini ambil cuti karena ada Jadwal untuk menemui sebuah Komunitas Tour Guide and Tour Leader Club K@Lima. Awal cerita saya bisa bertemu dengan K@lima sebenarnya hal sepele, yaitu rencana saya mencari tempat untuk “Office Website Travelling yang Mewadahi para Guide” yang ujung-ujungnya “Energi Cosmos” mempertemukan saya dengan Pak Keny selaku Tour Guide Coordinator & Transport K@lima.

Sibuk nanya-nanya dengan Pak Keny akan kesediaan office yang bisa share dengan team IT dari Panduasia.com, tanpa disengaja saya melirik Profile Picture si Pak Keny, aduh mirip-mirip Stalking jadinya, kepo-kepo gitu dah, hehehe. Saya membaca Tour Guide 4.0, ah Jiwa saya bergejolak penasaran pengen tahu, ditambah lagi ada tambahan kata-kata “Narasumber Google”, makin menggeliat rasa penasaran di hati ini yang suka “Kepo” sama acara Orang, hehehe. Bahkan semakin tertarik lah saya ketika di PP nya tertulis “Biaya 0 Rupiah, Komitmen fee 100rb, uang akan dikembalikan bila yang bersangkutan Hadir”, Gratis ini Bro….

Singkat cerita saya izin dengan pak Keny untuk diikutsertakan meskipun saya Bukan seorang “Tour Guide”, niatnya adalah untuk mencari tahu apa masalah-masalah yang dihadapi oleh Para Tour Guide dan berharap bisa berinteraksi dengan para Tour Guide ini karena saya pun memiliki Platform Travelling yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi Tour Guide namun lebih banyak diisi oleh para Tour Operator bukan oleh para Tour Guide itu sendiri. Dalam hati saya berkata “ Saya Wajib Ikut acara Keren kaya gini “

Perlu sedikit Effort untuk bisa hadir diacara ini, karena selain pak Keny, ternyata saya diminta untuk Izin terlebih dahulu dengan Pak Heben Ezer selaku pemprakarsa acara ini, Pak Keny “Very Humble” memberikan saya no Pak Heben Ezer yang langsung saya contact disaat itu juga, Alhamdulilah, saya dipertemukan Tuhan dengan orang-orang yang “Mau Memberi” rasa lapar jiwa ini akan hal-hal yang baru, Diizinkan lah saya mengikuti Acara Tour Guide 4.0 ini.

Acara Tour Guide 4.0 ini dilaksanakan di Perpustakaan Nasional Lantai 2 Tanggal 18 November 2019 yang diselenggarakan oleh Komunitas Tour Guide dengan nama K@lima, di prakarsai oleh Pak Heben Ezer dan Pak Keny (Saya benar-benar baru bertemu sama mereka berdua di acara ini).

Acara ini di isi oleh 2 Pembicara, 1 Orang dari Trainer Google (Seorang Dosen Juga), Miss Nurina yang membahas mengenai Digital Marketing dan Teknologi 4.0, dan Pembicara yang ke dua adalah Pendiri Wisata Kreatif Jakarta, Miss. Ira Latief membahas Kemampuan yang Harus di Miliki Tour Guide agar memiliki Nilai Tinggi di Era Digital. Sebenarnya sudah lama banyak lihat tentang Ira Latief ini di media sosial dan beberapa media berita online, bahkan pernah nyoba juga add friend di Facebook (meskipun sampai sekarang belum di confirm pertemanannya, hikhikhiks, mungkin sudah kepenuhan pertemanan fb nya) dan baru kali ini saya bertemu langsung sama orangnya.

Singkat cerita bertemulah saya dengan Pak Keny dilantai 2 Perpustakaan Nasional untuk registrasi acara tour guide 4.0 ini dan benar saja, uang 100 ribu nya dikembalikan bro. Sangking semangatnya saya langsung masuk ke Ruangan, agak sedikit terkejut saya ketika berada diruangan ini, ternyata saya merasa seperti ABG (Anak Baru Gede) kembali, lintas generasi sepertinya muncul kembali diruangan ini, saya memperhatikan sepertinya mayoritas adalah Generasi X bahkan hadir pula Generasi Baby boomers (selama acara panggilannya Opa Frangky), ada 2 hal yang terdapat didalam Pikiran, yang pertama jadi Salting, berpikir bagaimana caranya bisa berkomunikasi dengan para Ahli Tour Guide di ruangan yang mayoritas pada masuk kategori Senior dan yang kedua merasa Salute dengan keinginan para peserta yang hadir dan mau belajar akan Konsep Digital Marketing dan Teknologi 4.0.

Apa saja yang dibahas selama acara berlangsung ? kurang lebih nya seperti ini (Seingat penulis saja ya, hehehe), bila ada yang kurang, para peserta yang hadir ketika acara bisa menambahkan dikolom komentar.

1. Digital Marketing dan Teknologi 4.0

  • Penjelasan awal mengenai perkembangan pariwisata di Indonesia, defini dari Revolusi Industri 4 serta tahapan para pencari wisata dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk Wisata di Era digital
  • Pentingnya Spesialisasi Produk Wisata yang perlu dimiliki oleh para Tour Guide (USPs) dikarenakan banyaknya segmentasi pasar di dalam wisata yang memiliki peminat-peminat khusus. (Petualangan, Wisata pertanian, Olahraga, Malam, dll)
  • Mengatur sasaran pemasaran produk wisata dengan metode SMART
  • Basic Knowledge mengenai E-Tourism (Website, Sosmed, Online Ads, Forum Discusion dan Mobile Apps)
  • Basic Knowledge mengenai E-Marketing
  • Hal-hal penting yang perlu dikembangkan untuk menarik pelanggan dengan Digital Marketing (Isi Content, Kata Kunci, Speed dan Sitemaps)

Garis besar yang ada dipikiran Saya ketika mengikuti materi ini : Pentingnya menentukan Segmentasi Pasar dengan Produk yang terspecialisasi sedemikian Mungkin serta cara memasarkan Produk tersebut didalam Digital Marketing.

2. Kemampuan yang Harus di Miliki Tour Guide agar memiliki Nilai Tinggi di Era Digital

  • Skill (Perlu terus dilatih, diuji dan dilakukan secara berulang-ulang)
  • Memasarkan Tour Guide secara Online (Personal Branding)
  • Memiliki Keahlian Khusus (Spesialisasi)
  • Memiliki Rasa Bersyukur dan mau memberi

Garis besar yang ada dipikiran Saya ketika mengikuti materi ini : Pentingnya Specialisasi Produk Wisata (Contohnya Food Traveller, Photography Traveller, Wisata Sepeda, dll) serta cara mengenalkan/memasarkan Pribadi Tour Guide via Online dengan baik.

Didalam acara tersebut, saya pun diberi waktu untuk memperkenalkan diri akan panduasia.com (terima kasih banyak Pak Heben, jujur saya tidak mempersiapkan diri untuk menceritakan website travelling yang saya Kelola bersama team, ditambah harus berbicara didepan para senior Tour Guide, membuat saya sangat terkesan didalam acara ini)

Oh iya, Rangkaian acara ini sepertinya akan terus berlanjut di Komunitas K@lima Tour Guide Club sendiri yang berdasarkan informasi rutin diadakan setiap hari senin di Minggu pertama setiap bulannya, next acara adalah pembuatan Website dan specialisasi produk wisata, semoga saya masih bisa mendapatkan kesempatan untuk terus bisa berkomunikasi dan menjalin silaturahmi dengan Komunitas K@lima Tour Guide Club.

Besar harapan Komunitas-komunitas seperti ini bisa banyak tumbuh dan berkembang menciptakan Produk-produk Pariwisata baru yang lebih tersegmentasi dan mampu membangun personal branding para Tour Guide di Indonesia yang bisa bersaing secara sehat dan mampu beradaptasi dengan perkembangan Era Digital saat ini.

Yuk cari Trip Murah melalui Pandu Asia

Komentar kamu?