Terasi Toboali dengan Udang Asli Yang Mendunia

Terasi Toboali adalah terjasi yang terbuat dari udang asli tanpa campuran apapun di Ibu Kota Bangka Selatan, Kota Toboali.

121 views
0

WartaWisata.ID – Terasi atau yang lebih dikenal dengan nama Belacan, mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. Di provinsi kepualauan Bangka Belitung khususnya Toboali, Kabupaten Bangka Selatan menjadi kota sentra penghasil dan pembuatan panganan berbahan dasar udang ini.

Di kota Toboali sendiri ada sejumah Kampung/desa yang menjadi sentra penghasil dan pembuatan terasi udang. Salah satunya Kampung Padang Toboali yang sejak puluhan tahun silam dikenal sebagai sentra pembuatan terasi.

Terasi Toboali terbuat dari bahan dasar Udang asli dari laut Bangka yang bebas campuran ikan. Tak heran jika rasanya sangat berbeda dari terasi pada umumnya. Bahkan kini Terasi Toboali sudah terkenal hingga kemancanegara seperti Prancis dan Jepang. Teksturnya lembut dan berwarna kemerahan dan aromanya tak begitu menyengat. Itu sebabnya banyak orang menyukai terasi Toboali sebagai bahan campuran sambal atau masakan lainya.

Terasi Toboali banyak diproduksi di Kampung Padang Kota Toboali yakni sebuah wilayah sentra pembuatan terasi khas Kabupaten Bangka Selatan. Lokasinya terletak sekitar lima menit dari kawasan Simpang Lima Toboali.

Siapa sangka kalau terasi Bangka Belitung ini ternyata bisa mendunia.

Komentar kamu?