Keistimewaan Ikon Kota Jambi, Gentala Arasy

Gentala Arasy merupakan jembatan yang berkonsep sebagai pendestrian bagi pejalan kaki yang kini menjadi ikon baru bagi warna jambi.

121 views
0

WartaWisata.ID – Gentala Arasy merupakan jembatan yang berkonsep sebagai pendestrian bagi pejalan kaki yang kini menjadi ikon baru bagi warna jambi. Jembatan dengan panjang 503 meter dan lebar 4.5 meter ini berada di atas sungai batanghari yang mengubungkan kota jambi dengan kota seberang. Gentala Arasy yang berarti Genah Tanah Lahir Abdurahman Sayuti dibangun pada tahun 2012 pada saat pemerintah Hasan Basri Agus. Letaknya tepat di depan rumah dinas Gubernur Jambi.

Berada di pusat kota menjadikan Gentala Arasy menjadi pilihan bagi pengunjung untuk menikmati kota jambi. Ditambah lagi lokasinya bersebelahan dengan Mall Ramayana dan WTC menjadi lokasi gentala arasy sangat strategis.

Lalu apa istimewanya jembatan ini? Pertama, jembatan ini merupakan jembatan khusus pejalan kaki terbesar di Indonesia. Modelnya seperti jembatan gantung dengan dua tiang penyangga namun konstruksinya menggunakan beton.
Kedua, jembatan ini menghubungkan pasar lama Jambi yang ramai dengan aktivitas masyarakat dengan Musium Gentala Arasy serta permukiman penduduk di seberang sungai Batanghari.

Dengan adanya jembatan ini interaksi masyarakat antar dua wilayah yang dipisahkan oleh sungai menjadi saling terhubung dan meningkat aktivitasnya. Ketiga, jembatan ini menjadi ikon kota Jambi karena selama ini nyaris tidak ada obyek wisata yang layak dikunjungi di Kota Jambi. Lalu, Nama Gentala Arasy sendiri mengandung unsur filosofis, yaitu sebuah menara untuk mengingat tempat tertinggi. Pada puncak menaranya juga terdapat jam di keempat sisinya yang juga berfungsi sebagai penunjuk waktu sholat untuk ummat Muslim.

Di malam hari suasana berubah jadi ramai. Masyarakat Kota Jambi tumpah ruah di lorong jembatan dan sekitarnya karena jembatan ini merupakan satu-satunya hiburan menarik di Kota Jambi.

Di ujung Jembatan Gentala Arasy terdapat pusat wisata Kota Jambi. Di sana ada bermacam-macam pertokoan dan kuliner. Kamu bisa mencoba tekwan, gulai kepala kakap, ikan baung goreng, dan lain-lain. Pokoknya, rasa lapar kamu bisa teratasi dengan aneka makanan lezat!

Komentar kamu?