Cerita Menarik di Balik Gereja Ayam

Mungkin banyak di antara kita yang menyangka bahwa bentuk bangunan ini adalah seekor ayam, padahal sesungguhnya ini adalah burung merpati.

177 views
0

WartaWisata.ID – Bangunan ini dibangun mulai tahun 1992 yang diprakarsai oleh Daniel Alamsyah yang berasal dari Jakarta. Disebutkan bahwa Daniel bermimpi dan menerima pesan dari Tuhan untuk mendirikan sebuah rumah ibadah bagi orang-orang yang percaya Tuhan dengan bentuk merpati.

Saat Daniel pergi ke kampung halaman istrinya yang berada di Magelang, dirinya melihat suatu pemandangan yang sama persis seperti apa yang tergambar dalam mimpinya. Lelaki tersebut berdoa sepanjang malam di tempat itu dan mendapat wahyu bahwa dirinya harus membangun sebuah rumah doa di tempat itu.

Kala itu pembangunan dilakukan dalam beberapa tahap selama 4 tahun. Namun tidak juga terselesaikan karena beberapa faktor, seperti keterbatasan dana maupun pertentangan warga sekitar.

Bangunan ini juga sempat dijadikan tempat peribadatan agama Budha, Islam dan Kristen dengan caranya sendiri. Selain itu juga sempat dijadikan sebagai rumah rehabilitasi bagi penyandang cacat, pecandu narkoba, dan pengidap gangguan jiwa sebelum akhirnya tempat ini ditutup pada tahun 2000.

Kini tempat yang unik ini menjadi area wisata yang kembali dibuka bagi siapapun yang ingin menyaksikan keindahan Magelang dari ketinggian. Selain itu tempat ini juga sempat dijadikan lokasi syuting film “Ada Apa Dengan Cinta 2”. Bangunan ini memiliki 7 lantai dan beberapa ruangan kamar.

Mengunjungi Gereja Ayam ini berarti kalian mendapatkan 3 keuntungan wisata sekaligus yaitu wisata religi, edukasi dan tentunya wisata alam. Hal yang unik dari tempat ini saat kalian berkunjung adalah ketika kalian membeli tiket masuk wisata ini maka akan di-bundling satu paket dengan singkong desa. Hal tersebut juga diharapkan dapat menjadi cara dalam pengembangan desa tempat di mana Gereja Ayam ini berdiri.

Secara fasilitas objek wisata ini sudah memiliki lahan parkir yang cukup luas, walaupun harus dilanjutkan dengan sedikit berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit, karena medan yang menanjak.

Komentar kamu?