Mengenal Sejarah Candi Sari

Candi Sari yang terletak di Kabupaten Sleman yang merupakan sebuah asrama bagi para pendeta Budha di zamannya dulu. Itulah sebabnya candi ini memiliki beberapa tingkat dan ruangan karena dulunya dihuni oleh beberapa biksu.

135 views
0

WartaWisata.ID – Tak heran apabila kota yang identik dengan makanan khas gudeg ini selalu menjadi tujuan wisata para wisatawan untuk mengisi liburannya. Selain wisata kuliner dan wisata alamnya yang terkenal, kota ini juga banyak menyimpan sejarah.

Salah satu kabupaten yang banyak memiliki kawasan bersejarah yang kini menjadi wisata edukasi adalah Sleman. Daerah ini memang dikenal dengan candi-candinya yang menjadi saksi bisu pada jaman kerajaan dulu.

Seperti kita tahu bahwa bangunan seperti candi seringkali dijadikan sebagai tempat peribadatan, pusat kerajaan ataupun tempat untuk mengais ilmu agama. Begitu juga dengan Candi Sari yang terletak di Kabupaten Sleman yang merupakan sebuah asrama bagi para pendeta Budha di zamannya dulu. Itulah sebabnya candi ini memiliki beberapa tingkat dan ruangan karena dulunya dihuni oleh beberapa biksu.

Candi Sari ini memiliki 36 pahatan arca yang terdiri dari 12 buah arca yang berada di bagian barat, 8 buah arca di Timur, juga 8 arca di sebelah Selatan dan Utara. Selain itu terdapat juga pahatan dengan corak lain, seperti kinara kinari (manusia burung), Sulura, Kumuda (bunga dan daun yang menjulur dari jambangan bulat), dan Kalamakara Candi.

Candi Sari diperkirakan sudah ada sejak abad ke-8 pada masa Kerajaan Mataram kuno. Candi ini ditemukan kembali pada abad ke-20 dalam keadaan rusak, oleh karena itu dilakukan pemugaran pada tahun 1929 hingga 1930 sampai akhirnya resmi dijadikan tempat wisata. Sebenarnya masih banyak bagian candi yang hilang sehingga bentuk candi ini tidak sepenuhnya utuh seperti keadaan semula.

Secara fasilitas, di Candi Sari sudah memiliki lahan parkir yang cukup luas. Selain itu kalian juga bisa berbelanja souvenir sebagai oleh-oleh. Fasilitas umum lainnya seperti toilet umum dan mushola untuk saat ini belum tersedia. Namun letak candi ini tidak jauh dari pemukiman warga sehingga memungkinkan kalian untuk bisa mendapatkan fasilitas lain tersebut.

Komentar kamu?