Masakan Pindang yang Wajib dicoba di Palembang

Pindang merupakan makanan (lauk) dari ikan. Makanan ini wajib dicoba jika berkunjung ke Palembang.

145 views
0

WartaWisata.ID – Pindang merupakan makanan (lauk) dari ikan. Makanan ini wajib dicoba jika berkunjung ke Palembang. Menu makanan ini pasti akan membuat ketagihan, apalagi bagi yang suka Tom Yam, pasti juga akan menyukai Pindang. Tapi kalau di Jawa, pindang lebih dikenal dengan ikan yang direbus dan diberi garam, jadi beda.

Salah satu restoran yang menyajikan pindang yaitu Warung Terapung Mbok War Jl. Ps. 16 Ilir, 16 Ilir, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Disini menyajikan jenis pindang bernama Pindang Pegagan, dengan kuahnya yang lebih kental dan rasanya yang asam segar.

Sang pemilik Mbok War sudah 25 tahun menjual dan menyajikan menu andalan Pindang. Ikan yang digunakan adalah ikan sungai, karena ikan di sungai Musi sangat melimpah. Dengan warung tongkang di pinggir sungai Musi menambah sensasi makan terasa semakin menyenangkan.

Pindang khas Sumatera ini ternyata banyak macamnya. Seperti Pindang pegagan, ada 4 jenis lainnya yaitu Pindang Meranjat, Pindang Palembang, Pindang Musi Rawas, Pindang Sekayu atau disebut Pindang Kuyung. Pindang Kuyung memiliki kuah yang lebih gelap dari yang lainnya karena ada campuran kecapnya.

Selain Warung Mbok War ada satu lagi Warung makan ikan pindang yang wajib di kunjungi yaitu Rumah Makan Pindang Musi Rawas. Warung ini sudah ada sejak 1986, yang special dari warung makan ini adalah pindang udangnya dan pindang tulang. Asam, wangi, gurih dan rasa rempah-rempahnya merupakan kombinasi yang sangat sempurna.

Komentar kamu?