Bangunan Religi Tertua di Kota Singkawang

Kota Singkawang memiliki tempat wisata religi yang keren habis.

116 views
0

WartaWisata.ID – Setiap kota memiliki nilai sejarah tersendiri, seperti Kota Singkawang. Salah satu kota yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki bangunan-bangunan tua yang sarat akan kisahnya.

Kali ini kita akan mengajak kamu untuk menelusuri jejak sejarah religi di Kota Singkawang. Berikut 3 destinasi wisata bersejarah yang bisa kamu kunjungi saat traveling.

Vihara Tri Dharma Bumi (1878)

Vihara Tri Dharma merupakan rumah ibadah umat Budha tertua di Singkawang. Dikatakan tua, vihara ini jadi ikon Singkawang. Lokasinya pun di pusat kota. Tepatnya di jalan Sejahtera. Oleh pemerintah setempat, Vihara Tri Dharma ini ditetapkan sebagai heritage building.

Keberadaannya jadi saksi perkembangan Singkawang, sejak 200 tahun silam lebih tepatnya sejak 1878. Vihara tertua ini pelancong akan disuguhkan acara yang meriah setiap Perayaan Imlek atau Cap Go Meh.

Masjid Raya Singkawang (1885)

Rumah ibadah umat Muslim ini sudah berdiri sejak 1885, umurnya sudah lebih dari 100 tahun. Masjid ini selalu ramai setiap saat waktu salat tiba. Juga meriah ketika ada acara-acara keagamaan besar. Bangunan Masjid ini sudah beberapa kali direnovasi.

Terhitung pada tahun 1927 lalu Masjid ini pernah terbakar dan diperbaharui kembali strukturnya. Masjid ini menjadi salah satu bangunan tertua yang masih berdiri kokoh hingga saat ini di Kota Singkawang.

Gereja Katholik Santo Fransiskus Asisi (1885)

Salah satu bangunan tertua lainnya berada di Jalan Dipenogoro No. 1, Pasiran, Singkawang Barat ini didirikan oleh seorang Vikaris Apostolik Batavia yang berasal dari negeri kincir angin Belanda. Bangunan ini bahkan tetap berdiri kokoh dan masih difungsikan untuk umat Katolik beribadah. Gereja ini pun sudah memiliki perubahan warna maupun bentuknya.

Komentar kamu?