Katar Balkam, Upaya Pemuda Lestarikan Budaya Betawi

hampir setiap tahun di tempat ini menjadi salah satu tempat yang menarik ketika mengadakan acara seperti "Pasar Malam" dilengkapi dengan berbagai macam budaya Betawi, sebut saja si Ondel-ondel, plus Makanan Kuliner Khas Betawi, seperti Kerak Telur, Dodol, Uli, dll.

104 views
0

CERITAMU – Hari Sabtu sebenarnya hari yang bisa menjadi saat-saat menyenangkan untuk jalan-jalan bersama Keluarga, namun pagi ini Saya dan team sedang sibuk membahas program diskon promo gila-gilaan 11-11 seperti website marketplace / E-Commerce pada umumnya di Website Travelling kami. Program yang kami buat harus bisa dinikmati oleh para pecinta Travelling dan juga para penyedia jasa wisata yang menjadi mitra kami dari berbagai wilayah di Indonesia.

ketika tengah asik berdiskusi, handphone berbunyi, ternyata si Kakak (anak pertama) WA ke saya “Aba, hari ini ada pameran di Jalan Gardu, kita jalan-jalan ya Malam ini”, sebagai seorang Ayah tentu saja kita harus bisa menyediakan waktu, sesibuk apapun aktifitas kita, maka dijawablah dengan singkat “OK”, padahal rencananya malam ini mau lanjutin buat konten artikel mengenai kelanjutan dari Cerita Bagaimana Mesranya Alam Lembang menyambut Saya disana, namun apa daya, Father Must Come Back Home.

Singkat cerita Saya dirumah memutuskan untuk berjalan-jalan bersama keluarga menuju Jalan Gardu, Jalan ini adalah jalan yang terdapat di Kelurahan Balekambang, Condet Kramatjati. Uniknya hampir setiap tahun di tempat ini menjadi salah satu tempat yang menarik ketika mengadakan acara seperti “Pasar Malam” dilengkapi dengan berbagai macam budaya Betawi, sebut saja si Ondel-ondel, plus Makanan Kuliner Khas Betawi, seperti Kerak Telur, Dodol, Uli, dll.

Acara kali ini berlangsung di tanggal 9 – 10 November tepatnya di Gedung Balai Warga Jalan Gardu (Puskesmas Balekambang), Kramatjati, Jakarta Timur. Apa saja seh yang bisa kita lihat ketika berkunjung ke Acara ini :

1.Kuliner Betawi yang Hampir Langka 

Ketika berjalan kesana, dan betul saja acara Lumayan Ramai, menu-menu Kuliner Betawi beberapa sudah berjejeran dan bertebaran disana, sebut aja si Bang Ndin tukang Kerak Telor, Bang Ucup yang jualan Kue Uli, Kue Cincin, Kue Gemblong, dan Dodol Satibi yang ada berbagai jenis macam Dodol serta Kue Geplak. Sang Anak punya Favorit Kulinernya, yaitu Kue Cincin, sepertinya ini sudah menurun dari Nenek (ibu Mertua, hehehe), yang kalau kunjungan kerumahnya pasti tersedia yang namanya Kue Cincin ini.

Harga-harga Makanan Kuliner ini beragam ya Sobat, sebut saja si Dodol, ada yang Harganya 50rb, 30Rb bahkan ada yang harganya 15rban tergantung ukuran Dodolnya. Kue Cincin dibandrol 5rb dapet 2, Gemblong 10rb dapet 3, sayang Kerak Telur lupa nanya, berapa harganya, kalau penasaran buruan dateng deh ke Lokasi Acaranya yah.

Oh iya, Saya menyarankan minimal cicipilah Bir Pletok, mau dingin atau hangat sama-sama enak kok Sobat, minumannya mengingatkan saya ketika saya berada di sebuah Hotel di Pasteur Bandung, ketika mau melihat acara West Java Fair 2019 Rasa-rasanya mirip, ada rasa rempah-rempahnya (Jahe kayanya mah…tau juga mungkin ada campuran lainnya)

2. Diprakarsai oleh Pemuda Karang Taruna Belakambang

Usut punya usut ternyata Acara ini di Prakarsai sama para Pemuda sekitar loh Sobat, Salute neh buat anak-anak Muda di Balekambang ini, Saya baru tahu setelah melihat nama Acaranya Katar Balkam, karena penasaran, bertanyalah saya kepada Penjaga Parkir Motor di sini, ternyata Katar Balkam ini adalah Karang Taruna Balekambang, si penjaga Parkir pun mengarahkan saya untuk masuk ke lokasi Puskesmas Balekambang (masih dijalan Gardu,cuma masuk gang lagi).

Seolah mendapatkan Ilham dimalam hari, saya mengikuti instruksi dari sang petuah, abang parkir untuk masuk ke lokasi dan ternyata benar saja, disana sudah Ramai pengunjung menyaksikan pertarungan pemuda saling silat. Karena penasaran, Saya melihat lebih dekat, dan ternyata benar, ini seperti Acara “Palang Pintu”, namun sayang sekali saya tidak tahu siapa yang dipalang pintu di Acara ini, bila ada yang tahu tolong kasih comment disini yah.

3. Panggung Acara Budaya Betawi

Tema yang diangkat dalam acara ini oleh Karang Taruna Balekambang adalah “Pemuda Berkarya dan Berbudaya untuk Pahlawan Bangsa“, suatu tema yang luar biasa membuat Saya bangga tinggal disekitaran Condet, ternyata ketika kita berada di jaman KPOP merajalela (mohon kpoper jangan ada yang tersinggung, saya cuma nulis doang), masih banyak pemuda yang pada Sadar Diri berusaha menjaga Budaya Asli tempat tinggalnya serta menghargai para Pahlawan Bangsanya. Hal seperti ini mengingatkan saya akan hal nya Jepang (loh kok habis KPOP ke Jepang, ada apa ini…?hehe), meskipun Jepang memiliki kemajuan pesat di bidang-bidang keilmuan dan teknologi, Mereka tidak pernah lupa dengan Budaya nya, bahkan berusaha untuk menjaga kelestarian budayanya.

Ketika saya tiba disana saya melihat pagelaran Tarian Khas Betawi, tapi saya tidak tahu nama Tariannya apa, saya coba buka Mbah Google, eh ternyata Betawi ini punya enam jenis tarian Khas Loh sobat, ada Tari Yapon, Tari Topeng, Tari Sirih Kuning, Tari Lenggang Nyai, Tari Japin dan Tari Cokek. ehm kalau dilihat seh pas di acara sepertinya Tari Yapon, cuma kalau salah mohon kasih comment lagi dibawah biar bisa dikoreksi yah.

4. Sponsor Yamaha (Yang Lagi Mau Beli Motor Yamaha Boleh Kemari)

Oh iya saya juga melihat seperti nya acara ini sepertinya disponsori sama Yamaha, karena dipanggungnya ada Logo-logo yamaha, ditambah disekitaran acara, para Sales Yamaha baik abang maupun none juga pada bertebaran di acara ini, terima kasih yah Yamaha sudah ikut bantu didalam acara ini.

5. Berbagai Tukang Pakaian / Aksesoris Murah dan Stand Minuman dan Makanan

Yah disini juga ada banyak Stand-stand yang membuka jualan pakaian-pakaian Murah serta berbagai jenis aksesoris lainnya.Selain itu kita juga bisa melihat berbagai stand minuman dan makanan diluar makanan Khas Betawi, seperti umumnya acara-acara pameran/pagelaran, Stand Pakaian maupun Makananan dan minuman pasti ada, so jangan takut kehausan yah Sobat kalau berkunjung ke Acara ini, tenang saja.

Untuk minumannya pun murah-murah, start from 5rb rupiah untuk segelas lemon tea dan Manggo Juice seharga 10rban. kalau mau ngemil disini, saya menyarankan untuk mencicipi makanan yang jarang ada saja, seperti Geplak, Kue Uli, dan Kerak Telor, jarang-jarang ada di Jakarta, kecuali kalau ada acara-acara seperti ini, para pedagangnya baru pada bermunculan.

6. Mainan Anak-anak

Acara-acara seperti ini juga memanjakan anak-anak dengan berbagai jenis mainan dan tempat bermain, sebut saja kuda-kudaan dengan berbagai jenis lampu-lampunya. berbagai jenis balon-balon dan lain sebagainya.

Harga mainannya pun sepertinya tidak terlalu mahal, namun sepertinya Kue Cincin tetap menjadi primadona anak saya ketika ada acara-acara seperti ini (dia tidak incar mainan, hanya senang kulineran, seperti Bapak nya, hehehe)

Oke Sobat Wisata, itu yang bisa Saya ceritakan sampaikan saat ini, So, Jaman Boleh berubah, tapi Semangat Pemuda untuk Menjaga kelestarian Budaya wajib kita jaga seperti layaknya para Pemuda Katar Balkam ini (Karang Taruna Balekambang), salute buat mereka.

Buat Kalian yang mau Tahu lebih banyak mengenai berbagai wisata di Jakarta serta ingin menjelajah seperti apa Jakarta, ga usah pusing-pusing, cek aja ada banyak Website Travelling yang menawarkan berbagai Jelajah Wisata Jakarta, dengan berbagai harga yang relevan dan pastinya aman dan menyenangkan.

Yuk cari Trip Murah melalui Pandu Asia

Komentar kamu?