Oleh-oleh Khas Lombok, Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut sejatinya mirip dengan dodol pada umumnya. Bedanya, dodol ini terbuat dari tepung rumput laut. Inilah camilan dan oleh-oleh khas Lombok.

97 views
0

WartaWisata.ID – Saat berkunjung ke pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat jangan lupa membeli oleh-oleh khas Lombok untuk kawan dan handai tolan, yakni dodol rumput laut.

Dodol rumput laut seolah menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli oleh mereka yang melancong ke Pulau Lombok. Tekstur dodol ini agak kenyal, agak liat di gigi, dan terasa asam manis di lidah.

Rasanya bermacam-macam buah dan sayur. Seperti rasa sirsak, semangka, nangka, labu siam, tomat, dan lain-lain. Akan terasa kecut kalau kita mencoba rasa sirsak layaknya rasa buah sirsak. Terasa manis apabila yang dicoba rasa nangka.

Bahan Baku

Sesuai namanya, bahan baku penganan ini memang dari tepung rumput laut yang dicampur gula dan buah-buahan yang masih segar. Makanan ini mengandung serat dan karbohidrat yang cocok untuk makanan pencuci mulut setelah makan siang.

Ada juga manisan rumput laut yang terasa seperti jelly tetapi lebih keras dengan bermacam warna seperti kuning, hijau, dan merah. Tetapi, rasanya hampir sama manis dan kenyal di lidah untuk semua warna.

Beda dodol dan manisan rumput laut adalah bentuknya. Dodol hampir semuanya berbentuk kotak memanjang sebesar jempol tangan, sedangkan manisan rumput laut berbentuk bulat, segitiga, atau daun waru.

Kemasan dodol rumput laut ini bermacam-macam, mulai dari keranjang bambu, toples mika hingga kotak kertas. Harga dodol dalam kotak kertas mulai Rp10.000 sampai Rp 15.000 per kotak dengan berat sekitar 200 gram.

Yang paling unik adalah kemasan dari bahan anyaman bambu yang sudah diatur dalam kemasan beraneka rasa. Camilan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat karena kemasannya unik dan harga per paket antara Rp75.000 sampai Rp150.000.

Penasaran dengan rasa dodol rumput laut khas Lombok? Saat berkunjung ke sana, jangan lupa beli ya!

Komentar kamu?