Tempat Berziarah Legendaris Karimun di Makam Badang

Makam si badang adalah salah satu tapak sejarah yang dimiliki Kabupaten Karimun dan memiliki cerita legenda yang menarik.

88 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Karimun memiliki rekomendasi wisata ziarah ke Makam Badang. Makam ini banyak dikunjungi peziarah lantaran jasad yang terkubur di dalamnya dianggap sebagai seorang tokoh terkenal di wilayah tersebut.

Menurut legenda, Si Badang atau kerap disebut juga Datok Badang adalah orang sakti (kuat) pada masa Kesultanan Riau Lingga. Ia adalah salah satu Hulubalang yang terkenal dan ketika meninggal dimakamkan di situ. Makam Si Badang ini persisnya terletak di kawasan hutan di pinggir Desa Kandis, Pulau Buru, Karimun.

Lokasi persis makam si Badang ini memang lumanyan jauh, masuk kedalam hutan karet. Dari jalan raya, berkisar hingga tiga hingga empat kilo meter. Posisinya sendiri, terdiam dikawasan lapang berluas tak lebih dari 30mx30m. Sekelilingnya, terdapat aneka rupa pohon hutan berukuran besar. Satu diantaranya adalah pohon gaharu yang terlihat berumur puluhan tahun.

Bagian depan makam ini terdapat sebuah gapura yang berfungsi sebagai pintu gerbang bertinggi empat meter lebih. Bertuliskan “situs cagar budaya makam Badang Pulau Buru,” gapura ini dicat dengan menggunakan warna kuning, sama persis dengan warna bangunan utama, tempat makam si Badang berada. Sementara bagian lis-nya, dibaluri warna hijau terang. Terlihat resik, rapi dan asri.

Makam Badang ini kemudian dikeramatkan oleh warga sebagai tempat ziarah hingga ngalap berkah.

Komentar kamu?