Dampit, Kopi Robusta Yang Jadi Favorit di Masyarakat Eropa

Kopi Dampit merupakan kopi robusta yang ditanam di daerah yang cukup tinggi, yakni sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

107 views
0

WartaWisata.ID – Selain terkenal akan wisata alamnya, nyatanya Malang juga merupakan salah satu penghasil kopi yang populer. Bahkan, para ahli kopi tak segan menyebut kopi asal Malang ini sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi tersebut bernama kopi Dampit.

Nama kopi ini mungkin terdengar asing bagi kita, tapi tidak bagi para penggila kopi di seluruh dunia. Kopi ini berasal dari desa Dampit. Kopi Dampit merupakan kopi robusta yang ditanam di daerah yang cukup tinggi, yakni sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bahkan, kopi ini bisa dibilang sudah ada, tumbuh, dan dinikmati sejak lama. Sudah sejak lama Dampit dijadikan sebagai tempat pengepulan komoditas pertanian yang berasal dari beberapa kecamatan yang ada di kawasan Malang Selatan. Pada awalnya, pemerintah Hindia Belanda-lah yang membuka sentra penampungan tersebut untuk beragam jenis komoditas pertanian dan perkebunan yang ada di Dampit, salah satunya adalah kopi.

Kenikmatan kopi ini sudah dirasakan langsung oleh tentara Belanda di masih zaman penjajahan dulu. Karena kenikmatannya, kopi ini pun dijadikan komoditas utama di Malang, khususnya Desa Dampit.

Di luar negeri, khususnya di benua Eropa, kopi robusta Dampit memang sangat terkenal. Menurut beberapa sumber, jenis robusta yang berasal dari kawasan Dampit dianggap mempunyai rasa yang unik dan special.

Hampir sekitar 90% dari kopi yang diproduksi di kawasan Dampit diekspor ke luar negeri. Di Dampit sendiri terdapat sebuah perusahaan yang sudah berdiri disana dan khusus mengurusi atau menjadi pengekspor kopi yang berasal dari desa ini.

Tak hanya rasanya, kopi Dampit pun terkenal akan aromanya yang harum dan nikmat. Bayangkan saja, ketika biji kopi digiling, aroma pertama yang tercium adalah karamel dan wangi roti yang baru matang.

Wanginya saja sudah nikmat, apalagi rasanya. Rasa kopi Dampit terbilang unik, karena kopi ini cukup kental namun tingkat keasamannya rendah. Cara terbaik untuk menikmati kopi ada dua, yakni dibuat kopi hitam biasa atau dicampur susu. Kopi susu yang menggunakan kopi Dampit terkenal akan citarasanya yang tiada duanya.

Jadi WARGAWISATA, jangan dulu mengaku pecinta kopi, jika belum pernah mencicip salah satu kopi terbaik di dunia ini!

Komentar kamu?